TEKNIK KEAKTORAN  TOKOH NYI CINDHE TERHADAP LAKON “NYI CINDHE AMOH” KARYA EDI KARYA SUTRADARA AHMAD FATONI

  • ICHTITATU LAILIYAH

Abstract

Aktor dan sutradara memiliki hubungan yang saling bersinergi karena aktor yang akan mentransfomasi apa yang diinginkan oleh sutradara. Sutradara yang bertugas mengarahkan sebuah peran yang akan dimainkan atau diperankan oleh aktor dan aktor berusaha mencari dan mempelajari kata-kata yang jadi porsi pemeranannya. Lakon yang berjudul “Nyi Cindhe Amoh” karya Edi Karya, merupakan naskah lakon teater tradisi.
Metode yang dilakukan aktor untuk mewujudkan tokoh Nyi Cindhe harus memiliki motivasi peran. Oleh karena itu bagaimana teknik keaktoran tokoh Nyi Cindhe terhadap Lakon “NyiCindheAmoh” karya Edi Karya sutradara Ahmad Fatoni? Adapun tujuan dari teknik keaktoran ini adalah untuk memenuhi persyaratan dalam menempuh tugas akhir di Jurusan Sendratasik FBS UNESA, serta untuk menganalisa teknik keaktoran tokoh Nyi Cindhe terhadap lakon “Nyi Cindhe Amoh” melalui tinjauan realis.
Proses  penciptaan keaktoran tokoh Nyi Cindhe menggunakan beberapa tahapan. Tahapan tersebut meliputi latihan-latihan, yaitu keterbacaan naskah, eksplorasi peran, eksplorasi hand property, eksplorasi moving dan bloking, running cut to cut, pemantapan, pragladi kotor, gladi kotor, dan gladi bersih.

Kata kunci: Teknik, Keaktoran, Lakon “NyiCindheAmoh”

Published
2016-08-01
How to Cite
LAILIYAH, I. (2016). TEKNIK KEAKTORAN  TOKOH NYI CINDHE TERHADAP LAKON “NYI CINDHE AMOH” KARYA EDI KARYA SUTRADARA AHMAD FATONI. Solah, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/16532
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 38