ANALISIS TEKNIK KEAKTORAN TOKOH SOEDARSO DALAM NASKAH “HANYA SATU KALI ”KARYA HOLWORTHY HALL DAN ROBERT MIDDLEMASS SADURAN SITOR SITUMORANG SUTRADRA ILHAM AULIA

  • ENGGIT ARJANGGI

Abstract

Hanya Satu Kali merupakan naskah saduran yang menggambarkan politik pada era orde lama sehingga dalam mementaskannya butuh pencarian dan riset yang mendukung pada tahun yang dimaksudkan naskah. Disini penulis menitik beratkan pada tokoh Soedarso, bukan hal mudah memerankan seorang yang menjalani hukuman dibalik jeruji besi dan akan dihukum gantung. Tantangan yang diterima penulis dalam memerankan tokoh Soedaso yaitu menjadi seorang terpidana yang bersikap dingin,tenang dan misterius. Selain itu, aktor dituntut juga menghidupkan karakter di atas panggung karena sejatinya aktor bukanlah robot yang digerakan oleh sutradara.
Teknik yang digunkan dalam memerankan tokoh Soedarso penulis menggunakan teknik milik W.S  Rendra. Tahapan tahapan dalam teknik milik Rendra yaitu, a). Permainan yang hidup, b). Mendengar dan menangapi, c). Kejelasan ucapan, d). Membina klimaks e). Bergerak dengan alasan, f). Proyeksi, g). Memahami takaran, h). Cara muncul, i). Timing, j). Tempo permainan, k). Improvisasi.
Naskah Hanya Satu Kali berbentuk realis yang berarti dalam proses penciptaan membutuhkan detail dan observasi. Hal ini sangat dibutuhkan agar aktor dapat menjadi apa yang diinginkan naskah karena tugas seorang aktor sejatinya menghidupkan permainan di diatas panggung.

Kata kunci : teknik, aktor, Hanya Satu Kali.

Published
2016-08-01
How to Cite
ARJANGGI, E. (2016). ANALISIS TEKNIK KEAKTORAN TOKOH SOEDARSO DALAM NASKAH “HANYA SATU KALI ”KARYA HOLWORTHY HALL DAN ROBERT MIDDLEMASS SADURAN SITOR SITUMORANG SUTRADRA ILHAM AULIA. Solah, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/16535
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 178