TEKNIK PENYUTRADARAAN PADA NASKAH DRAMA “ HANYA SATU KALI “ KARYA HOLWORTHY HALL & ROBERT MIDDLEMASS SADURAN SITOR SITUMORANG SUTRADARA ILHAM AULIA

  • ILHAM AULIA

Abstract

Naskah drama “Hanya Satu Kali” karya Sitor Situmorang merupakan saduran dari naskah “The Valiant” karya Holworthy Hall & Robert Middlemass. Menceritakan tentang seorang terpidana mati yang akan segera dieksekusi, namun masih terdapat beberapa persoalan yang belum usai dan sedikit mengganggu pikirannya. Dari naskah tersebut disadur karena terdapat kesesuaian dengan peristiwa Agresi Militer Belanda II dan pemberontakan di Madiun. Sehingga penulis tertarik untuk menyutradarai naskah ini untuk dibawa kembali pada tahun 1956 dimana pada tahun tersebut yang mendekati dengan 2 peristiwa tersebut.    
Teori penyutradaraan dengan menggunakan pengembangan teknik penyutradaraan W.S. Rendra dan Suyatna Anirun digunakan penulis untuk menciptakan sebuah pertunjukan yang hidup dan pesan tersirat dapat tersampaikan secara utuh. Langkah yang dilakukan yang paling mendasar adalah eksplorasi, lalu masuk pada tahap memberi isi dan ruh dalam peran, berikutnya yaitu tahap pengembangan. Setelah langkah dasar sudah tercapai, hasil tersebut secara rutin kembali dimantapkan dengan memberi arahan latihan pada umumnya. Hingga pada pertunjukan dan evaluasi secara menyeluruh baik itu tim artistik dan juga tim produksi.
Pada proses penyutradaraan naskah “Hanya Satu Kali” pencapaian yang diharapkan sutradara adalah mampu meramu dan meracik dengan menggunakan kombinasi teknik-teknik penyutradaraan yang sudah ada. Sehingga formula tersebut mampu diaplikasikan menjadi satu kesatuan dan sebuah pertunjukan yang utuh untuk dijadikan sebuah tuntunan bukan hanya sebagai tontonan.

Kata kunci: Teknik, Penyutradaraan, Realis

Published
2016-08-01
How to Cite
AULIA, I. (2016). TEKNIK PENYUTRADARAAN PADA NASKAH DRAMA “ HANYA SATU KALI “ KARYA HOLWORTHY HALL & ROBERT MIDDLEMASS SADURAN SITOR SITUMORANG SUTRADARA ILHAM AULIA. Solah, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/16536
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 1735