Keseimbangan Dalam Gerak Liris Pada Karya Tari “In Control”

  • NIHAYAH

Abstract

Karya tari “In Control” merupakan sebuah karya tari yang mengangkat tema keseimbangan dan gerak liris. Karya tari ini lebih menekankan kepada cara atau teknik gerak seimbang dengan mempertahankan sesuatu diatas kepala. Dewasa ini berbagai fenomena alam terjadi akibat manusia yang tidak lagi mempedulikan keseimbangan dalam hidupnya, selain kasus hak dan kewajiban yang tidak lagi dipenuhi juga terjadi ketidakseimbangan yang dilakukan manusia kepada alam.
Dalam proses penyusunan karya penata tari menerapkan metode eksperimen dengan beberapa teori gravitasi dan keseimbangan. Konsep dalam penciptaan karya tari ini, penata tari menggunakan tipe tari Liris, dengan penyajian simbolik. Elemen utama tari adalah gerak dengan didukung, tata rias busana, pola lantai, musik pengiring, properti, dan tata teknik pentas.
Karya tari ini diharapkan dapat menjadi sebuah karya yang inspiratif melalui tema yang dihadirkan. Konsep garap karya tari ini memiliki kecenderungan mengeksplorasi teknik keseimbangan para penari. Melalui karya tari ini penari dapat melatih kemampuan serta meningkatkan kualitas kepenariannya dalam hal intensitas  dan konsentrasi dalam melakukan gerak.
Setelah melakukan observasi dan beberapa kali percobaan dalam berproses, karya tari In control menemukan beberapa bentu-bentuk keseimbangan. Bentuk keseimbangan tidak hanya sebatas yang diketahui banyak orang dengan mengangkat 1 kaki dan berjalan diatas sebuah benda dengan membawa beban di kedua sisi tubuhnya. Namun keseimbangan juga dapat dilakukan dengan tumpuan tangan, kepala, pinggang, pantat, serta kaki. Setiap tumpuan dalam melakukan keseimbangan memiliki kesulitan yang berbeda-beda, baik dari segi pengaturan tenaga, kekuatan, dan teknik.

Kata Kunci : In Control, Keseimbangan, Liris

Published
2016-08-01
How to Cite
NIHAYAH,. (2016). Keseimbangan Dalam Gerak Liris Pada Karya Tari “In Control”. Solah, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/16542
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 54