TEKNIK PENYUTRADARAAN OPERA DALAM LAKON SWEENEY TODD KARYA CHRISTOPHER BOND

  • ANDRE CATUR W

Abstract

Opera merupakan suatu pertunjukan yang menggabungkan unsur seni yang kompleks, yaitu seni drama, seni tari, seni musik dan seni rupa dimana para aktor secara sadar menyanyikan syair lagu dengan teknik menyanyi yang berkualitas. Salah satu lakon opera klasik yang komplit dengan syarat kompleksitas cabang seni ialah Lakon Sweeney Todd – Pencukur Keji dari Jalan Fleet karya Christopher Bond yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Bakdi Soemanto. Lakon Sweeney Todd merupakan potret kehidupan masyarakat menengah kebawah di kota London, tepatnya di Jalan Fleet. Naskah ini berusaha mengungkap kritik sosial tentang fenomena hukum rimba ditengah masyarakat, siapa yang bertahta, dia yang berkuasa.
Penyutradaraan pada lakon Sweeney Todd menggunakan teknik penyutradaraan dari Suyatna Anirun. Adapun teknik yang digunakan adalah 1) Pra Produksi, meliputi persiapan-persiapan fisik dan mental, pemilihan naskah, pemilihan tim, pemilihan aktor, pemilihan pemusik dan penari, latihan (tubuh, vokal, pencarian karakter tokoh, teknik memberi isi, movement, gladi kotor, gladi bersih), 2) Produksi, meliputi latihan-latihan (mencari, memberi isi, pengembangan dan pemantapan) serta eksplorasi (peran, hand-property, setting panggung, koreografi, lagu, movement dan blocking). Berdasarkan teknik penyutradaraan diatas, pementasan karya Sweeney Todd berjalan lancar, maksimal dan antusias dari penonton luar biasa dengan durasi pementasan 124 menit. Meskipun terdapat beberapa kekurangan pada keseimbangan vokal serta permasalahan teknis pangsung, Pementasan Opera Sweeney Todd karya Christopher Bond memberikan sajian pertunjukan yang menarik dan memberikan kesan tersendiri dibenak penonton.

Kata Kunci : Penyutradaraan, Opera, Sweeney Todd

Published
2017-01-03
How to Cite
CATUR W, A. (2017). TEKNIK PENYUTRADARAAN OPERA DALAM LAKON SWEENEY TODD KARYA CHRISTOPHER BOND. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/17996
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 138