TEKNIK KEAKTORAN TOKOH LIK BISMO DALAM NASKAH TUK KARYA BAMBANG WIDOYO SP

  • SURYA KRISNA WJ

Abstract

Tuk merupakan sebuah naskah yang menggambarkan tentang ketimpangan  sosial. Naskah Tuk bercerita dengan  tema realitas sosial dan ekonomi masyarakat pinggiran Magersaren yang dikemas dalam suatu drama berbahasa Jawa. Penulis menitikberatkan analisa pada tokoh Lik Bismo, seorang tokoh yang menginginkan kerukunan hidup berrmasyarakat secara beradab tanpa kekhawatiran penggusuran lahan oleh penguasa.
Teknik yang digunakan dalam analisa keaktoran tokoh Lik Bismo adalah metode pelatihan W.S Rendra, yang dapat disebutkan sebagai berikut: a). Teknik muncul, b). Teknik memberi isi, c). Teknik membina puncak-puncak, d). Teknik timing e).Tempo permainan, f).Sikap badan dan gerak yakin, g). Menanggapi dan mendengar.
Naskah Tuk berbentuk realis yang berarti naskah merupakan peristiwa sehari-hari dan dalam proses penciptaan membutuhkan interpretasi dan observasi. Seorang aktor merupakan penyampai pesan naskah kepada penonton. Metode pelatihan WS. Rendra berkontribusi dalam teknik Keaktoran tokoh Lik Bismo.

Kata kunci : Keaktoran, Naskah “Tuk”

Published
2017-01-03
How to Cite
KRISNA WJ, S. (2017). TEKNIK KEAKTORAN TOKOH LIK BISMO DALAM NASKAH TUK KARYA BAMBANG WIDOYO SP. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/18000
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 1384