MUSIK GEBBLUG DESA PANGLEMAH, KECAMATAN PROPPO, KABUPATEN PAMEKASAN

  • MOH. FERLIAWAN BUDIANTO

Abstract

Musik Gebblug  merupakan kesenian tradisional yang memiliki keunikan pada instrumen yang bernama bernama  Serbung yang terbuat dari potongan bambu dan Kelmo’  terbuat dari tanah liat, kedua alat tersebut merupakan satu kesatuan instrumen tradisional, musik Gebblug memiliki sebuah instrumen unik yang bernama Kendhang Dug-dug yaitu instrumen kendang terbuat dari kayu lontar menyerupai toak mazjid yang berukuran lebih besar.
Awal mula terbentuknya musik Gebblug berfungsi sebagai musik pengiring perlombaan balap merpati atau dalam istilah Madura Dharah Ghetta’, namun seiring dengan berjalannya waktu musik Gebblug juga diikut sertakan dalam berbagai acara. Bagi para pemain musik Gebblug memiliki fungsi sebagai media komunikasi, integritas masyarakat, unsur kepercayaan, unsur ekonomi makna dan hiburan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut ; (1) Bagaimana Organologi instrumen musik Gebblug, dan bentuk musik Gebblug?. (2)Apa fungsi, dan makna yang terkandung pada musik Gebblug?. Penelitian ini mengenai tinjauan etnomusikologis dari musik Gebblug di desa Panglemah, kecamatan Proppo, kabupaten Pamekasan. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui fungsi dan aspek musikologis dari penelitian musik Gebblug di desa Panglemah, kecamatan Proppo, kabupaten Pamekasan.
Pengambilan data dilakukan pada 25 Mei 2015 di desa Panglemah, kecamatan Proppo, kabupaten Pamekasan. Penelitian musik Gebblug ini menggunakan analisis model Spradly yang terdiri dari analisis domain, taksonomi, dan komponensial. Analisis terdapat dalam Etnomusikologis, analisis taksonomi terdapat pada aspek musikologis dan fungsi musik Gebblug kemudian komponensial adalah komponen-komponen yang mendukung dalam analisis taksonomi. Hasil analisis kualitatif pada penelitian initerletak pada fungsi musik Gebblug di desa Panglemah, kecamatan Proppo, kabupaten Pamekasan secara garis besar memiliki dua fungsi yaitu  sebagai media yang bersifat hiburan dan bersifat sakral. Kemudian aspek musikologis yang terdiri dari bentuk penyajian, tonalitas, dan ritmis.

Kata kunci:  Gebblug, Etnomusikologis, Pamekasan

Published
2017-01-09
How to Cite
FERLIAWAN BUDIANTO, M. (2017). MUSIK GEBBLUG DESA PANGLEMAH, KECAMATAN PROPPO, KABUPATEN PAMEKASAN. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/18125
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 32