Analisis Penggarapan Tata Artistik Terhadap Lakon Sweeney Todd Karya Cristhoper Bond Terjemahan Bakdi Sumanto Sutradara Andre Catur Wicaksono

  • ACHMAD FAHMI HIDAYAT

Abstract

Sebagai seorang art director  atau penata artistik memiliki tanggung jawab penuh terhadap seluruh elemen-elemen penting yang ada di atas panggung pertunjukkan termasuk dengan para aktor dan crew. Ia harus mengetahui dan menguasai seluk-beluk ke seluruhan pertunjukkan itu dan memiliki semua layout, plot, teknik pengerjaan  dan lembaran desain sejak ia mulai bekerja.
Penata artistik adalah orang yang tidak pernah dipedulikan pada pertunjukan. Jarang seorang penata artistik tersorot lampu pementasan. Mereka hanya sembunyi dibalik karya-karyanya diatas panggung. Tanpa ada orang yang mengenal dan mencari keberadaan mereka, padahal seni panggung atau seni rupa panggung telah berdiri sendiri. Hal inilah yang menjadi kan penulis memilih pentaan artistik sebagai bahan untuk pertaruhan dalam karya akhir ini. Selain itu juga penulis ingin mengenalkan kepada orang-orang bahwa penata artistik adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah pementasan. Berdasarkan beberapa fenomena yang terjadi diatas, penulis disini akan memfokuskan karya “Sweeney Todd” Karya Christopher Bond Komposisi Musik Stephen Sondheim dan Libreto Hugh Wheeler Sutradara Andre Catur Wicaksono dibagian setting panggung, make-up dan kostum.
Metode penciptaan di sini penulis ingin menggunakan gaya representasi yaitu merupakan keinginan seniman untuk menciptakan suatu formula dan unsur-unsur yang secara kesejahteraan telah hadir.
Hasil dari analisis penggarapan artistik ini adalah pentingnya tata artistik bagi suatu pertunjukkan. Karena artistik mementingkan audio dan visual yang ditampilkan dalam sebuah perrtunjukkan sehingga artistik sangatlah penting. Penataan artistik tidak hanya memperhatikan keindahan dan kemegahan setting, make-up dan kostumnya. Akan tetapi juga mempehatikan keamanan dan kenyamanan seorang aktor dalam berakting. Berangkat dari persoalan yang ada diatas, penulis ingin mewujudkan atau menyampaikan pesan-pesan yang nantinya dapat dipahami oleh penonton.

Kata Kunci: Sweeney Todd , Tata Artistik, Art Director

Published
2017-01-12
How to Cite
FAHMI HIDAYAT, A. (2017). Analisis Penggarapan Tata Artistik Terhadap Lakon Sweeney Todd Karya Cristhoper Bond Terjemahan Bakdi Sumanto Sutradara Andre Catur Wicaksono. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/18268
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 97