WUJUD UNGKAP PENEMUAN JATI DIRI DALAM KARYA TARI SEKAR GENDHUK

  • Bella Septina Suari

Abstract

Perkembangan zaman  saat ini, pengetahuan dan ilmu teknologi sangat mempengaruhi kepada para remaja khususnya para gadis-gadis nya dalam menemukan jati diri. Koreografer menjadikan makna penemuan jati diri tersebut sebagai fokus pembuatan karya dengan tujuan untuk memvisualisasikan problematika kehidupan dalam bentuk karya tari dan mendiskripsikan bentuk penyajian karya tari Sekar Gendhuk. Metode penciptaan karya dimulai dari menentukan rangsang awal yaitu rangsang visual dan idesional, yang menggunakan mode penyajian simbolis representatif kemudian tahap selanjutnya eksplorasi, improvisasi, dan evaluasi.
Bentuk penyajian karya tari Sekar Gendhuk  meliputi gerak-gerak yang distilisasi dari problematika kehidupan para remaja saat ini. Ceria, riang gembira, manja,dan kadang seringkali meminta bahkan mencari perhatian. Elemen utama yaitu gerak dengan pijakan gerak dan karakteristik Pandhalungan  yaitu perpaduan antara Jawa dan Madura yang dikembangkan dan elemen pendukung yaitu iringan, rias busana, pola lantai, pemanggungan dengan panggung procenium beserta setting dan lightingnya.
 
Kata kunci: Karya Tari, Sekar Gendhuk, Bentuk Penyajian

Published
2017-05-05
How to Cite
Septina Suari, B. (2017). WUJUD UNGKAP PENEMUAN JATI DIRI DALAM KARYA TARI SEKAR GENDHUK. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/19035
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 318