Implementasi Fungsi Kemoceng sebagai Alat Kebersihan dalam Karya Tari MOCENG

  • Dwi Anita Firmansyah

Abstract

Karya tari Moceng merupakan suatu penggambaran dari alat kebersihan. Kebersihan yang dimaksudkan berupa kegiatan yang dilakukan oleh seseorang baik membersihkan benda ataupun segala hal yang tidak benar di sekitar mereka. Dari hal tersebut koreografer bermaksud mengungkapkan karya tari dengan fokus yakni kebersihan yang dilakukan oleh petugas penertipan (SATPOL PP). Tujuan karya tari ini ialah untuk mengimplementasikan bahwa sesuatu yang sederhana dapat memiliki arti yang berbeda-beda. Dengan tema kebersihan yang digambarkan melalui properti tari kemoceng, koreografer memilih jenis tari komikal, yang memiliki karakter gerak lucu. Dalam penyajiannya koreografer menggunakan metode konstruksi milik Jacqueline Smith dan Alma M. Hawkins dari mulai penemuan ide, pembuatan konsep, proses kekaryaan, hingga penyampaian karya.
Bentuk penyajian yang dipilih adalah prosenium, dengan gerak-gerak yang ditarikan dalam 4 adegan, pertunjukan karya tari ini dilengkapi dengan rias wajah dan juga busana untuk mendukung kemunculan karakter yang diinginkan oleh koreografer. Judul karya itu sendiri diambil dari kata kemoceng, sehingga menjadi Moceng yang kemudian diangkat menjadi judul karya. Dengan ide sederhana tersebut karya tari ini kemudian terwujud.

Kata kunci: tari, kemoceng, kebersihan.

Published
2017-05-05
How to Cite
Anita Firmansyah, D. (2017). Implementasi Fungsi Kemoceng sebagai Alat Kebersihan dalam Karya Tari MOCENG. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/19041
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 507