VISUALISASI KESUCIAN DEWI KILISUCI DALAM BENTUK KOREOGRAFI LINGKUNGAN MELALUI KARYA TARI SELA SOCA

  • yulela nur imama

Abstract

Dewi Kilisuci merupakan putri dari Raja Airlangga yaitu raja yang pernah memerintah Kerajaan Kadiri. Dewi Kilisuci terkenal dengan cerita kesuciannya dalam melakukan pertapaan. Dalam pertapaan tersebut Dewi Kilisuci memilih Goa Selomangleng untuk melakukan empat lelaku suci menuju kedewataan, sehingga Goa Selomangleng di Kediri hingga sekarang terkenal sebagai tempat pertapaan Dewi Kilisuci. Karya Tari Sela Soca merupakan ide penyajian sebuah karya dalam konteks kesucian Dewi Kilisuci melalui Koreografi Lingkungan yang digagas oleh penata. Karya ini memiliki tujuan komunikatif yaitu menyampaikan dan menunjukkan bahwa Goa Selomangleng memiliki potensi yang besar sebagai media berkarya seni khususnya tari.
Karya Tari Sela Soca merupakan gambaran kesucian dari Dewi Kilisuci melalui media ungkap gerak yang didukung oleh pola penataan, iringan, properti, tata rias dan busana serta tata teknik pementasan. Karya Sela Soca menggunakan lingkungan alam Goa Selomangleng sebagai tempat pertunjukan karena dinilai memiliki bentuk alam yang eksotis serta menarik. Gerak sebagai media ungkap dalam karya ini mengadopsi gaya mataraman karena disesuaikan dengan masa dari isi karya tersebut diangkat, pemilihan gerak juga didasarkan pada kondisi alam sebagai respon terhadap lingkungan. Busana yang digunakan penari merupakan inspirasi dari filosofi motif yang terefleksikan ke dalam isi, serta penyesuaian dengan teknik gerak berdasarkan kondisi alam. Penyajian karya ini menggabungkan ritual sebagai keterkaitan lingkungan budaya Goa Selomangleng melalui garapan baru.

Kata kunci: Koreografi Lingkungan, Karya Tari Sela Soca, visualisasi kesucian

Published
2017-06-06
How to Cite
nur imama, yulela. (2017). VISUALISASI KESUCIAN DEWI KILISUCI DALAM BENTUK KOREOGRAFI LINGKUNGAN MELALUI KARYA TARI SELA SOCA. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/19509
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 99