WUJUD PERUBAHAN SOSIAL REMAJA DALAM KARYA TARI TOPENG LETER

  • Pradhita Intan Fahrindianti T

Abstract

Perkembangan zaman  saat ini, baik dari segi pengetahuan dan ilmu teknologi sangat mempengaruhi perubahan sosial para remaja khususnya para gadis-gadis dalam menemukan jati diri. Koreografer menjadikan makna perubahan sosial dalam pencarian jati diri tersebut sebagai fokus pembuatan karya dengan tujuan untuk memvisualisasikan problematika kehidupan dalam bentuk karya tari dan mendiskripsikan bentuk penyajian karya tari Topeng Leter yang menggambarkan para remaja berperilaku tidak sesuai umurnya. Metode penciptaan karya dimulai dari menentukan rangsang awal yaitu rangsang visual dan idesional, yang menggunakan mode penyajian simbolis representatif kemudian tahap selanjutnya eksplorasi, improvisasi, dan evaluasi.
Bentuk penyajian karya tari Topeng Leter  meliputi gerak-gerak yang distilisasi dari problematika kehidupan para remaja saat ini. Sifat yang terlihat Kemayu, mendhel, cara berpakaian, berbicara, gaya dan pola hidupnya yang mengalami perubahan. Elemen utama yaitu gerak- gerak dan karakteristik Pandhalungan  yaitu perpaduan antara Jawa dan Madura yang dikembangkan dan elemen pendukung yaitu iringan, rias busana, pola lantai, pemanggungan dengan panggung procenium beserta setting dan lightingnya.
 
Kata kunci: Karya Tari, Topeng Leter, Bentuk Penyajian

Published
2017-07-17
How to Cite
Intan Fahrindianti T, P. (2017). WUJUD PERUBAHAN SOSIAL REMAJA DALAM KARYA TARI TOPENG LETER. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/20300
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 159