KARYA MUSIK “IL GLADIATORE” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI

  • JATAYU YOGA KUKUH PRATAMA

Abstract

Karya ini berjudul “Il Gladiatore” dalam bahasa Indonesia berarti “ Sang Gladiator”. Judul ini dimaksudkan untuk menceritakan kisah pertarungan sang gladiator. Rasa pait dan susahnya di dalam suatu penjara dan kemudian harus rela bertarung mati matian, mengorbankan nyawa untuk  dapat  bertahan hidup di dalam arena pertarungan. Karya musik “IL Gladiatore” Merupakan komposisi yang memiliki format chamber orchestra dalam penyusunannya, Karya ini memiliki bentuk musik 3 bagian yaitu bagian A,B dan C.     
Bagian A memiliki kalimat a,a1 bagian B memiliki kalimat b,b1,b2,b3. Bagian C memiliki kalimat c,c1,c2, Awal mula tempo yang dimainkan yaitu tempo Largo yang dimana tempo ini sangat pelan, kemudian berpindah ke tempo cepat yaitu allegretto kemudian pindah ke tempo lento yang dimana hampir sama dengan largo tetapi lebih cepat sedikit dari pada largo. Dan yang terakir menggunakan tempo allegretto kembali. dalam komposisi ini memiliki 147 birama yang dimana berdurasi 08.53 menit. Jika ditinjau dari segi fokus masalah penulisan, karya ini berfokus pada variasi melodinya.
Karya musik “IL Gladiatore” menggunakan beberapa variasi melodi di dalamnya, yaitu Melodic Variation and Fake , Dead Spot Filler,  Counter melody, Rhytmyc Variation and Fake,Penulis akan menjabarkan masing masing variasai melodi tersebut yang terdapat di setiap bagian bagian karya musik ”IL Gladiatore”.
Proses penciptaan karya musik ini menggunakan beberapa metode yang sudah dipelajari oleh komposer. Melalui banyak inspirasi yang diperoleh dari mendengarkan berbagai jenis musik ilustrasi  yang bertemakan pertarungan atau perang yang ada.

Kata Kunci: Tinjauan Variasi Melodi, Pertarungan Gladiator

Published
2017-07-19
How to Cite
YOGA KUKUH PRATAMA, J. (2017). KARYA MUSIK “IL GLADIATORE” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/20406
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 18