KARYA MUSIK “DISSIONARE VALZER” DALAM TINJAUAN ORKESTRASI

  • guntur williantoro

Abstract

Banyak pejabat  pada saat ini yang secara  tidak sadar mementingkan kepentinganya sendiri sehingga menyalahgunakan wewenang yang sudah diberikan. sehingga komposer mengungkapkan fenomena tersebut melalui sebuah karya musik yang berjudul “ Dissionare valzer “. karya tersebut menggambarkan tentang sifat sebagian pejabat yang menyalahgunakan kemampuan dan kewenangannya dalam memimpin suatu kelompok masyarakat. “Dissionare” yang mempunyai arti disonan dan “Valzer” merupakan bagian musik Valse yang menggambarkan mereka menari-nari diatas penderitaan orang lain maka komposer mempunyai ide untuk mengungkapkan fenomena tersebut kedalam karya musik dengan tinjauan orkestrasi. Karya Musik “Dissionare Valzer” ditinjau dari segi orkestrasi musik antara lain ; (1) Ilmu Bentuk dan Analisis Musik; (2) Instruumentasi; (3) Pemilihan instrumen; (4) Timbre Instrumen; (5) Ambitus instrumen (6) Teknik; (7) Dinamika; (8) Penerapan aransemen pada karya.
Karya Musik “Dissionare Valzer”  terdiri dari 252 Birama dengan durasi 7 menit 2 detik. Tempo yang digunakan Andante, Allegreto dan Prestisimo. Tangga nada yang digunakan adalah Bb Mayor, G Mayor dan D Mayor dan sukat ¾ dan 6/8. Instrument yang digunakan pada karya musik tersebut mulai dari Strings I (Violin I, Violin II, Viola, Violoncello dan Contrabass), Brass ( Trombone, Trumpet I dan Trumpet II), Woodwind (Flute I dan Flute II) dan perkusi (Snare Drum, Bass Drum, Cymbals dan Tambourine). Berdasarkan hasil penciptaan dan pembahasan simpulan yang dibahas mengenai karya musik “Dissionare Valzer” yang berbentuk tiga bagian dengan tinjauan orkestrasi yang disajikan dengan format orkestra dengan instrumentasi sesuai kapasitas masing-masing instrumen.

Kata Kunci : Orkestra, Orkestrasi, Dissionare Valzer

Published
2017-07-19
How to Cite
williantoro, guntur. (2017). KARYA MUSIK “DISSIONARE VALZER” DALAM TINJAUAN ORKESTRASI. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/20412
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 17