KARYA MUSIK “Rest In Peace Brother” DALAM TINJAUAN PSIKOLOGI

  • BRIAN JAGAD NATHA

Abstract

Karya ini berjudul Rest in Peace Brother.Fokus karya ini membahas tentang psikologi yang di alami komposer merasa sangat kehilangan dan membuat karya musik untuk menuangkan segenap rasa kehilangan yang amat mendalam. Pesan psikologi yang ada dalam karya Rest In Peace Brother akan membawa penonton kepada suasana berduka yang di inginkan komposer. Tijauan psikologi diambil karena isi dalam karya mewakili psikologi komposer.
Karya musik Rest in Peace Brother Merupakan komposisi yang memiliki format chamber orchestra dalam penyusunannya. Karya ini memiliki bentuk musik 3 bagian yaitu bagian A,B dan C. Bagian A memiliki kalimat bagian B memiliki kalimat. Bagian C memiliki kalimat awal mula tempo yang dimainkan yaitu tempo andantte yang dimana tempo ini sangat pelan, kemudian berpindah ke tempo cepat yaitu larlegretto con espresifo kemudian Jika ditinjau dari segi fokus masalah penulisan, karya iniberfokus pada Psikologi.
Rest In Peace Brother di ambil dari bahasa Inggris yang artinya beristirahat dalam damai sodaraku. Lagu ini adalah termasuk dalam jenis programma yang terdiri dari 4 bagian kompleks yang menceritakan tentang kepergian seorang sahabat yang di cintai untuk selama-lamanya, kepergian itu membuat komposer merasa sangat kehilangan dan menulis sebuah lagu untuk mengenang persahabatan yang terjalin sangat erat. Pada lagu Rest In Peace Brother bagian pertama menceritakan tentang awal mula pesahabatan itu di mulai, persahabatan itu hadir begitu saja dan terjalin seiring berjalannya waktu, bagian ke dua gambaran tentang keadaan komposer yang mengetahui sahabatnya mengalami musibah kecelakaan, kaget, cemas, kacau dengan keadaan sahabatnya dan berharap dapat lekas sembuh seperti semulabagian ketiga adalah bagian di mana klimaks karena komposer mengetahui bila sahabatnya telah meninggal untuk selama-lamanya bagian terakhir yaitu mengikhlaskan kepergian sahabatnya dan mengulang kembali masa-masa yang pernah di lalui bersama-sama.

Kata Kunci:Kata Kunci: Tinjauan Psikologi

Published
2017-07-19
How to Cite
JAGAD NATHA, B. (2017). KARYA MUSIK “Rest In Peace Brother” DALAM TINJAUAN PSIKOLOGI. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/20413
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 31