KARYA MUSIK “ADAGIO DE GRACIAS” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI

  • Putri Ayu Noeraini

Abstract

Negara ini merupakan negeri multikultural. Hal itu menjadikan bangsa ini menjadi memiliki banyak budaya. Indonesia adalah bangsa dan negara yang di anugerahi keanekaragaman di antara dari suku, ras, dan agama. Hal tersebut seharusnya menjadikan bangsa ini menjadi unggul dan senantiasa selalu menjaga persatuan serta memegang semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Namun pada kenyataannya sekarang terdapat banyak sekali permasalahan yang sumbernya adalah dari keanekaragaman negeri ini. Hal tersebut menjadikan negeri ini berkurangnya tolerasi antar perbedaan. Seringkali terjadi pergesekan antar manusia. Permasalahan ini tanpa disadari jika dibiarkan berangsur-angsur, akan menjadikan negeri ini menjadi terpecah belah. Dalam kondisi yang kian memprihatinkan, hal tersebut menjadi tanggung jawab bersama untuk mempersatukan bangsa ini menjadi negara yang damai, utuh, kokoh, bersatu dan maju. Fenomena tersebut menjadikan inspirasi komposer tergerak untuk membuat karya musik dengan judul “Adagio de Gracias”.
Perbedaan dalam musik yaitu adanya variasi, variasi disini merupakan variasi dari unsur pokok musik yaitu melodi. Karya musik “Adagio de Gracias” di tinjau dari segi variasi melodi. Variasi melodi yang digunakan terdiri dari ornament appogiatura, trill, melodic variation and fake, rhythmic variation and fake, composite melodic variation and fake, auxiliary notes, Dead Spot Filler, Counter Melody dan Obbligato.
Proses penciptaan karya musik “Adagio de Gracias” dilakukan dengan di awali pengamatan secara rangsang auditif dan visual. Komposer sering mendengarkan berbagai referensi musik instrumental yang dimainkan dengan format orkestra yang memainkan lagu-lagu bergenre modern yang telah diaransemen maupun musik klasik.  
Karya musik “Adagio de Gracias” terdapat 105 birama dengan durasi 6 menit 17 detik. Karya musik ini memiliki tiga bagian besar yaitu bagian Ak (A kompleks), Bk (B kompleks) dan Ck (C kompleks). Karya musik ini dimainkan dengan tempo Adagio, Rubatto dan Andante. Adapun tangga nada yang dimainkan adalah G mayor dan D mayor. Dalam durasi 6 menit 17 detik karya musik ini dimainkan secara langsung dan mengalami beberapa perpindahan tempo dengan penambahan accelerando dan ritardando dengan format Chamber Orchestra.

Kata Kunci : Damai, Variasi Melodi, Adagio de Gracias

Published
2017-07-19
How to Cite
Ayu Noeraini, P. (2017). KARYA MUSIK “ADAGIO DE GRACIAS” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/20414
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 9