PENERAPAN TEKNIK CONDUCTING PADA KARYA MUSIK “DOLCE A KITTY”

  • Desi Putri Malihah

Abstract

Kartun merupakan salah satu bentuk hiburan yang digemari banyak orang. Hello Kitty merupakan kartun yang diproduksikan oleh perusahaan Jepang, yaitu Sanrio. Hello Kitty merupakan karakter kartun yang lembut dan lucu. Hello Kitty adalah karakter yang berbicara lewat hati dengan kelembutan sifatnya. Berdasarkan rasa ketertarikan terhadap kartun Hello Kitty, komposer terinspirasi dengan karakternya yang lembut, manis, ceria, dan bersahabat. Maka dibutuhkan peran seorang conductor dalam penyajian karya musik “Dolce A Kitty” sebagai sebuah personifikasi bahwa untuk mencapai karakter yang lembut dan manis sifatnya serta bersahabat, diperlukan teknik conducting dengan gaya sikap badan dan tangan dari conductor kepada pemain. Conductor adalah seseorang yang bertindak sebagai pemimpin pertunjukan musik melalui gerak isyarat. Tugas conductor tidak hanya memimpin saat pertunjukan tetapi menyusun program dan  memimpin latihan.
Karya musik “Dolce A Kitty”merupakan musik instrumental dan progamatik dengan gaya dan teknik klasik yang memiliki 134 birama dengan durasi 5 menit. Karya musik ini memiliki tiga bagian besar yaitu bagian Ak (A kompleks), Bk (B Kompleks) dan Ck (C kompleks). Karya musik “Dolce A Kitty” dimainkan dengan tempo Moderato, Andante, dan Allegro. Adapun tangga nada yang dimainkan adalah D mayor dan A mayor.
Teknik Conducting yang digunakan oleh conductor dalam karya musik “Dolce A Kitty” mengalami beberapa tahapan diantaranya yaitu studi partitur, penyusunan formasi pemain, proses latihan, teknik conducting dengan baton dan terakhir adalah penerapan teknik conducting yang digunakan diantaranya yaitu isyarat matra lagu, isyarat persiapan (attack), dan isyarat mengakhiri lagu (release). Isyarat matra lagu dalam karya musik “Dolce A Kitty” memiliki 2 matra lagu yaitu 6/8 dan 4/4. Attack digunakan oleh conductor dalam persiapan memulai lagu, perpindahan tempo, dan dinamika. Release pada karya musik “Dolce A Kitty” adalah bentuk release dengan tanda fermata.

Kata Kunci: Teknik Conducting, Dolce A Kitty, Conductor

Published
2017-07-26
How to Cite
Putri Malihah, D. (2017). PENERAPAN TEKNIK CONDUCTING PADA KARYA MUSIK “DOLCE A KITTY”. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/20796
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 41