KARYA MUSIK “DIVERTIMENTO GROSSO” DALAM TINJAUAN KONTRAPUNG

  • FAJAR TRIHADMOKO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontrapung dalam karya“Divertimento Grosso” Concerto for Two Violin in G minor. Objek penelitian difokuskan pada beberapa jenis kontrapungdalam karya ini. “Divertimento Grosso” merupakan judul karya musik yang memiliki arti Divertimento yakni hiburan dan Grosso adalah solo yang lebih dari satu instrumen minimal dengan jumlah dua buah instrumen pada umumnya istilah Grosso muncul pada era jaman Barok. Karya ini juga termasuk dalam musik Concerto for Two Violin in G minor memiliki 3 bagian. Bagian tersebut terdiri dari beberapa tempo dengan sukat yang berbeda. Bagian pertama terdiri dari Allegretto dengan sukat 4/4, kedua Adagio bersukat 4/4, dan ketiga Allegro bersukat 3/4.
Data yang disajikan untuk kemudian dilakukan pengkajian. Proses pengkajian yang dilakukan peneliti adalah dengan penyesuaian proses analisis kontrapung yang sudah dikembangkan oleh Kitson (1924). Pada penulisan ini membahas lebih lanjut  tentang jenis-jenis kontrapung yang ada dalam karya ini. Allegretto, Adagio dan Allegro dianalisis kelima jenis kontrapung yakni First Species, Second Species, Third Species, Fourth Species,dan Fifth Species pada setiap bagiannya. Bagian pertama dengan tempo Allegretto yang bersukat 4/4 berjumlah kan 109 birama dengan Key SignatureBb. Bagian kedua bertempo Adagio yang bersukat 4/4 berjumlah kan 29 birama dengan Key Signature Natural atau C. Bagian ketiga bertempo Allegro yang bersukat 3/4 berjumlah kan 107 birama dengan Key Signature Bb.
Karya musik ini adalah karya musik dengan format Concerto yang dimainkan dengan 2 Violin Solo yang diiringi dengan String Orchestra dan Hapsichord layaknya musik Barok. Disajikan dalam bentuk musik instrumental.

Kata Kunci: Kata kunci : Kontrapung, Concerto for Two Violin

Published
2017-07-27
How to Cite
TRIHADMOKO, F. (2017). KARYA MUSIK “DIVERTIMENTO GROSSO” DALAM TINJAUAN KONTRAPUNG. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/20963
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 141