KARYA MUSIK “ACCENT LEADER CUSION” DALAM TINJAUAN BENTUK VARIASI RITME PERKUSI

  • MOHAMMAD ADI ARDAN

Abstract

Dalam karya musik “Accent Leader Cussion” komposer berpendapat bahwa antara musik dengan perasaan atau suasana hati manusia selalu behubungan. Musik adalah salah satu media untuk menggambarkan suasana hati manusia. Perkusi adalah salah satu alat pukul dimana terdapat berbagai maca teknik permainan terutama teknik accent. Accent merupakan pukulan yang keras dan tegas daripada ritmis yang lain, leader adalah seorang pemimpin, dan cusion adalah perkusi berfungsi sebagai penjaga tempo, dan beat yang memungkinkan para pemain berjalan secara serempak dan dalam irama dan kecepatan yang sama. Dimana kata tersebut menggambarkan seorang pemimpin yang tangguh dan bertanggung jawab besar. Karya musik “Accent Leader Cussion”ini akan menggambarkan konflik yang disampaikan dalam bentuk variasi ritme, sehingga akan memberi respon emosi terhadap penikmat.
Teori yang digunakan dalam menjawab fokus kekaryaan yang menitik beratkan pada variasi ritme perkusi, komposer mengutip teori yang dikemukakan oleh Prier. Variasi ritme yang dimaksud mengacu pada salah satu bentuk variasi yang terdapat pada bentuk musik variasi. Variasi ritme adalah panjang pendeknya nada dirubah atau birama (hitungannya) dirubah, ataupun tempo dirubah (Prier, 2013: 38). Pada karya musik Accent Leader Cusion permainan perkusi menggunakan ritme yang bervariasi, dari ritme asli dan juga ritme yang dikembangkan dengan ritme yang di variasi (sukat, tempo, dan durasi).

Kata Kunci: Variasi Ritme Perkusi, Accent Leader Cusion

Published
2017-08-01
How to Cite
ADI ARDAN, M. (2017). KARYA MUSIK “ACCENT LEADER CUSION” DALAM TINJAUAN BENTUK VARIASI RITME PERKUSI. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/21177
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 14