KARYA MUSIK “PELOG VARIATIONS IN 3 MOVEMENT” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI

  • I MADE SUBRATA DHARMA PAHLAWAN

Abstract

Karya musik “Pelog Variations in 3 Movement” merupakan karya musik yang terdiri dari 3 bagian atau movement dengan menggunakan format kwartet gitar. Sajian melodi-melodi dengan tangga nada Pentatonik merupakan hasil dari langkah konversi nada-nada Pelog dalam seni Karawitan dan kemudian di variasi dengan menggunakan teknik melodic variation and fake, rhytmic variation and fake, composite melodic variation and fake, Counter melodi, cliché,  filler like obbligato dan dead spot filler.
Bagian pertama dalam karya musik “Pelog Variations in 3 Movement” dibentuk dengan menggunakan variasi melodi melodic variation and fake, counter melodi, cliché, dan dead spot filler. Pada bagian kedua menggunakan variasi melodi melodic variation and fake, rhytmic variation and fake, counter melodi, cliché,  filler like obbligato dan dead spot filler. Sedangkan pada bagian ketiga menggunakan variasi melodi melodic variation and fake, rhytmic variation and fake, composite melodic variation and fake, cliché, dan dead spot filler. Variasi melodi-melodi dalam tiga bagian karya tersebut merupakan dasar dari pembentukan sajian komposisi pada karya musik “Pelog Variations in 3 Movement”.

Kata kunci : Konversi, Variasi Melodi

Published
2017-08-11
How to Cite
MADE SUBRATA DHARMA PAHLAWAN, I. (2017). KARYA MUSIK “PELOG VARIATIONS IN 3 MOVEMENT” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI. Solah, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/21313
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 37