Authors

  • SEPTIKA DWI NASTITI

Abstract

Koreografi pendidikan adalah sebuah pencatatan tari yang mengandung nilai-nilai moral, etika, estetika yang sasaranya pada sekolah formal. Koreografi pendidikan dapat dijadikan salah satu alternatif untuk melatih pembentukkan siswa yang berkerakter. Siswa yang berkarakter adalah mampu menerapkan nilai-nilai moral dan etika tata krama di masyarakat dengan baik. Selain itu koreografi pendidikan dapat melatih kepekaan terhadap lingkungan, disiplin,  keberanian dalam bergerak serta percaya diri yang tinggi.
Tema Langen Ceritera dalam koreografi pendidikan yaitu perjuangan, yang berangkat dari ceritera Panji Cindhe Laras. Cindhe Laras merupakan salah satu ceritera yang berkembang dari ceritera panji yang menjadi lokal geniusnya wilayah Jawa Timur. Maksud dari tema yaitu perjuangan seorang anak yang bernama Cindhe Laras bertempat tinggal dihutan mencari ayahnya dengan cara mengikuti adu-adu jago di kerajaan Jenggala. Konsep penggarapan Langen Ceritera memfokuskan pada tarung adu jago dengan menimbulkan suasana adu jago di kerajaan, serta tidak meninggalkan karekter keceriaan anak-anak. Untuk mempertegas karakter lakon pada ceritera, perlu didukung adanya tata rias dan busana, setting pangung, property, dan musik.

Kata kunci : Koreografi pendidikan, Langen Cerita, Cindelaras

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-14

How to Cite

DWI NASTITI, S. (2017). Solah, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/22189

Issue

Section

Articles
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 81