KARYA MUSIK “Pentatonic Variation in Marching Band DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI

  • BAGAS LINTANG HIMANTORO
  • JOKO WINARKO

Abstract

Karya musik “Pentatonic Variation in Marching Band” merupakan jenis karya musik absolut dengan durasi 7 menit dan total birama 162. Karya musik ini merupakan hasil dari proses penciptaan musik dengan metode konversi nada-nada Pelog menggunakan format Marching Band dan menggunakan teknik variasi melodi Rhytmyc Variation and Fake, Melodic Variation and Fake, Counter melody,dan Dead Spot Filler. Dalam karya ini terdiri dari 3 bagian yaitu bagian 1, 2 dan 3.
Bagian pertama dalam karya musik “Pentatonic Variation in Marching Band” menggunakan variasi Melodic Variation and Fake, dan Counter melody. Pada bagian kedua menggunakan variasi melodi Melodic Variation and Fake, Rhytmyc Variation and Fake, Dead Spot Filler dan Counter melody. Pada bagian ketiga menggunakan variasi Rhytmyc Variation and Fake, Melodic Variation and Fake, dan Counter melody. Variasi melodi dalam tiga bagian karya tersebut merupakan dasar dari pembentukan sajian komposisi pada karya musik “Pentatonic Variation in Marching Band” sebagai penguat harmoni nada pentatonik yang digunakan, pembentukan variasi ritmikal marching band dan kebutuhan aransemen.

Kata kunci: Laras Pelog, Variasi Melodi, Marching Band
Published
2018-07-17
How to Cite
LINTANG HIMANTORO, B., & WINARKO, J. (2018). KARYA MUSIK “Pentatonic Variation in Marching Band DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24223
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 68