TEKNIK KEAKTORAN TOKOH JORDANA PADA NASKAH “ORANG KAYA BARU” KARYA MOLIERE SADURAN NANO RIANTIARNO SUTRADARA DODOT

  • RIZQI RANGGA DIPUTRA
  • AUTAR ABDILLAH

Abstract

Aktor merupakan bagian terpenting penyampai gagasan sutradara dalam pertunjukan teater. Penulisan ini lebih menitik beratkan pada kajian teknik penokohan karakter Jordana pada naskah “Orang Kaya Baru” karya Moliere saduran Nano Riantiarno dengan sutradara Dodot. Teknik keaktoran yang di gunakan sebagai proses penciptaan tokoh Jordana pada naskah “Orang Kaya Baru” adalah metode pelatihan V-Effect yang dikaji dari buku WS Rendra dan Teater Mini Kata. Metode V-Effect yang ditemukan penulis memiliki 4 Teknik yakni : 1) Narasi Tindakan, 2) Disorientasi Tokoh, 3) Penghancuran Dinding Keempat 4) Improvisasi/Timing.Pementasan Orang Kaya Baru karya Moliere saduran Nano Riantiarno dengan sutradara Dodot melalui metode keaktoran V-Effect sebagai pendekatan pelatihan actor mampu menciptakan interaksi antara aktor dan penonton. Penonton merasa dekat dengan aktor begitu juga aktor yang memberikan dialognya untuk penonton sehingga timbullah kedekatan. Kedekatan yang terjadi bertujuan agar penonton berfikir kritis tanpa terjadi katarsis namun tetap terhibur. Permasalahan yang ada didalam naskah diolah secara otonom oleh aktor disesuaikan dengan isu atau berita yang sedang terjadi saat ini sehingga penonton merasa terhibur dan tetap berfikir kritis.
Kata Kunci : Teknik Keaktoran, Aktor, V-Effect, Penonton
Published
2019-01-23
How to Cite
RANGGA DIPUTRA, R., & ABDILLAH, A. (2019). TEKNIK KEAKTORAN TOKOH JORDANA PADA NASKAH “ORANG KAYA BARU” KARYA MOLIERE SADURAN NANO RIANTIARNO SUTRADARA DODOT. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/26828
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 145