KARYA TARI KOREOGRAFI PENDIDIKAN KEBO CEMENG DENGAN JENIS GARAP DOLANAN ANAK

  • PUTRI ANISSA

Abstract

Kebudayaan merupakan cerminan perubahan sosial pada masyarakatnya. Seni sebagai cabang kebudayaan merupakan ekspresi estetika yang disampaikan melalui gerak. Pengembangan kreativitas dapat dikembangkan dan dilakukan pada anak usia dini untuk perkembangan kecerdasan anak usia dini. Kosentrasi ini dapat melalui aktivitas dan kemampuan menyampaikan aktualisasi diri. Didalam pembelajaran tari terdapat unsur-unsur gerak, tenaga, ruang dan waktu. Dalam hal ini koreografer melakukan penciptaan karya tari “Kebo Cemeng” dengan menggunakan metode rangsang awal, eksplorasi dan forming dalam penciptaanya. Gerak yang dihasilkan melalui gerak yang dihasilkan melalui eksplorasi dan konstruksi sehingga gerak yang dihasilkan merupakan distilasi dan imrpovisasi.

Tari Kebo Cemeng merupakan gambaran pemahaman tradisional anak yang berisikan gambaran keceriaan gadis-gadis dan kebersamaan dalam bermain di sore hari. Bentuk karya tari berisi tarian atau anak yang disertai dialog dan menyanyi untuk memberikan gambaran plot dan cerita keceriaan seperti wajarnya dunia anak. Selain untuk memberikan konsep bermain dan belajar.

Kata Kunci : Dolanan, Konstruksi






Published
2019-12-11
How to Cite
ANISSA, P. (2019). KARYA TARI KOREOGRAFI PENDIDIKAN KEBO CEMENG DENGAN JENIS GARAP DOLANAN ANAK. Solah, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/31174
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 222