MUSIK ANGKLUNG PAGLAK DESA KEMIREN BANYUWANGI

  • NINDIA NAZMEI SARI

Abstrak

Angklung Paglak merupakan salah satu budaya masyarakat Using yang masih dilestarikan sampai saat ini. Alat musik Angklung yang tercipta disajikan diatas Paglak atau gubug kecil di pinggir sawah, hal ini kemudian menjadi nama yang melekat untuk jenis kesenian ini, yaitu Musik Etnis Angklung Paglak. Penelitian ini bertujuan untuk mendriskripsikan Fungsi Angklung Paglak di dalam kehidupan Masyarakat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori fungsi yang dikemukakan oleh R. M Soedarsono. Teori tersebut dibagi menjadi fungsi primer dan fungsi sekunder.. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Musik Etnis Angklung Paglakdi Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data – data tersebut melewati validasi dan dan analisis data.

Fungsi seni pertunjukan yang sesuai dengan fungsi Musik Etnis Angklung Paglakyaitu Musik Etnis Angklung Paglaksebagai sarana hiburan, Musik Etnis Angklung Paglaksebagai presentesi estetis, Musik Etnis Angklung Paglaksebagai pengikat solidaritas masyarakat, Musik Etnis Angklung Paglaksebagai media komunikasi, dan Musik Etnis Angklung Paglaksebagai media propaganda program Pemerintah Banyuwangi.

Kata Kunci : MusikAngklungPaglak.






Diterbitkan
2019-12-12
Bagian
Articles
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 833