MUSIK HADRAH UNTUK ANAK AUTIS DI SLB NEGERI CERME GRESIK.

  • INDANA ZULFAH

Abstract

Sekolah luar biasa Negeri Cerme Gresik merupakan sekolah untuk anak berkebutuhan khusus di kabupaten Gresik yang menyelenggarakan permainan musik hadrah untuk anak autis. Pelaksanaan permainan musik hadrah untuk anak autis di Sekolah luar biasa negeri cerme jelas berbeda dengan sekolah sekolah normal pada umumnya. Hal inilah yang mendasari penelitian ini.

Tujuan penelitian: 1) mendeskripsikan perencanaan pada permainan musik hadrah di SLB Negeri Cerme, 2) mendeskripsikan hasil belajar yang diperoleh dari permainan musik hadrah di SLB Negeri Cerme, 3) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi pada permainan musik hadrah di SLB Negeri Cerme.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan objek penelitian permainan musik hadrah di Sekolah luar biasa negeri cerme gresik, yang berlokasi di jl. Jurit, Cerme, Gresik. Sumber data yang digunakan adalah manusia dan non manusia, tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data, validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi metode.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan yang ada di lapangan sudah sesuai dengan metode yang digunakan oleh pelatih yaitu dengan cara menerapkan metode drill. Hasil dari penerapan metode drill pada permainan musik hadrah untuk anak autis di SLB Negeri Cerme Gresik adalah tercapainya tujuan permainan musik hadrah untuk anak autis yang sesuai dengan apa yang di inginkan pelatih yaitu siswa-siswi SLB mampu mengikuti dan menyerap materi yang diberikan dengan baik, seperti anak normal pada lainnya. Dan siswa SLB mampu menjadi pribadi yang berkarakter dan lebih antusias dalam mengikuti permainan musik hadrah di SLB Negeri Cerme Gresik.





Published
2020-01-03
How to Cite
ZULFAH, I. (2020). MUSIK HADRAH UNTUK ANAK AUTIS DI SLB NEGERI CERME GRESIK. Solah, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/31452
Section
Articles
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 106