BENTUK MUSIK PADA KARYA MUSIK “WALL OF PAIN”

  • TRI UTAMI

Abstract

“Wall of Pain” adalah sebuah karya musik yang meceritakan tentang emosi yang pernah dirasakan oleh penulis. Emosi tersebut kemudian dicurahkan dalam bentuk nada-nada sederhana lalu dikembangkan. Metode penyampaian materi kekaryaan dilakukan dengan metode deskripstif kualitatif.

Karya musik ini merupakan musik programatik yang dimainkan dalam bentuk ansamble campuran. Dari hasil pengkajian dapat disimpulkan bahwa karya musik ini memiliki bentuk lagu tiga bagian yaitu A B A’. Bagian A menceritakan tentang amarah yang meledak-ledak. Bagian B menceritakan tentang amarahnya yang berubah menjadi penyesalan, dan yang terakhir bagian A’ menceritakan tentang amarah yang mulai mereda.

Rangsangan awal dalam membuat karya yang berjudul “Wall of Pain” adalah dengan banyak mendengar musik-musik dengan format orkestra dan ansamble campuran dengan tema kesedihan dan mengingat pengalaman pribadi penulis hingga muncul imajinasi nada-nada yang kemudian ditulis oleh penulis.

Durasi karya “Wall of Pain” adalah 5 menit 3 detik dengan total birama 114 birama dan dimainkan pada tangga nada C dengan sukat 4/4. Terdapat dua tempo pada karya musik ini yaitu lento dan moderato.






Published
2020-01-13
How to Cite
UTAMI, T. (2020). BENTUK MUSIK PADA KARYA MUSIK “WALL OF PAIN”. Solah, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/31581
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 29