IRINGAN KESENIAN TAYUB DI DESA SUMBERGEDE KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO

  • AROHMAN BIDIN NAIM

Abstract

Kesenian Tayub di Desa Sumbergede Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro memiliki ciri khas tersendiri, terletak pada iringan, gerakan, bentuk kostum, atau pun pertunjukannya. Kesenian Tayub di Bojonegoro memiliki perkembangan dan perubahan dari tradisional ke modern kemudian menjadi pola baku tersendiri pertunjukannya sebagai ciri khas. Hal ini yang melatarbelakangi peneliti bertujuan untuk mengetahui perubahan dan perkembangan yang dilakukan oleh Lingkung Seni ini, sehingga dapat diketahui berbagai unsur yang berada didalamnya meliputi perkembangan, perubahan, pergeseran serta pengaruh tayub terhadap masyarakat.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini dilakukan untuk melaporkan kejadian yang ada dilapangan atau mendeskripsikan kejadian sebenarnya sesuai dengan fakta dilapangan dan kemudian data yang sudah terkumpul diolah melalui proses analisis. bentuk pertunjukan Tayub di Lingkung Seni ini terdiri dari segi struktur pertunjukan yang digunakan, adanya pembuka, isi, dan penutup. Hingga saat ini kesenian Tayub di Bojonegoro tetap bisa mempertahankan eksistensinya dalam acara yang di selenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat seperti hajatan.

Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Perkembangan tayub melibatkan beberapa factor yaitu melalui proses dalam berkesenian serta alur dalam pertunjukan (2) Penyebab terjadinya pergeseran melibatkan dua factor yaitu internal dan eksternal. Tayub mulai berkembang tahun 2013 seiring dengan masuknya musik campursari dan dangdut yakni mengakulturasikan gamelan dengan alat musik gendang ketimpung dan tamborin. Proses akulturasi turut mengurangi alat musik rebab dan suling. (3) Pengaruh pada kesenian tayub membuat masyarakat semakin mengerti bahwa Bojonegoro mempunyai budaya khas yang semakin berkembang, melibatkan beberapa factor yang mempengaruhi yaitu, factor Ekonomi, social dan budaya.

Simpulan dari hasil penelitian bahwa dengan adanya penambahan alat music gendang ketimpung sangat berpengaruh bagi masyarakat di Desa Sumbergede hal ini membuat masyarakat semakin menggemari tayub dari kalangan muda sampai kalangan orang tua.

Published
2020-01-14
How to Cite
BIDIN NAIM, A. (2020). IRINGAN KESENIAN TAYUB DI DESA SUMBERGEDE KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO. Solah, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/31608
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 73