“PIONEER”: SEBUAH KOREOGRAFI ANALOGI PION DALAM PERMAINAN CATUR

  • AYOGA INDHON MARDHIKA

Abstract

Catur merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang yang saling beradu strategi dengan mengkolaborasikan berbagai macam jenis bidak untuk mengalahkan raja lawan sekaligus bertahan melindungi raja dari serangan lawan. Pada koreografi ini berpusat pada bidak pion yang memiliki ciri keterbatasan gerak. Dari aturan gerak pion dalam permainan catur, dapat menjadi sebuah motivasi gerak simbolis yangdivisualisasikan kedalam seni pertunjukan.

Fokus karya sangatlah penting bagi koreografer dalam struktur perencanaan penggarapan pengkaryaan. Fokus karya juga membantu koreografer menjadi lebih tertata dalam mewujudkan bentuk karya sesuai dengan tema yang diangkat. Proses penciptaannya menggunakan metode konstruksi kemudian divisualisasikan kedalam sajian bentuk tari dramatik. Karya tari “Pioneer” berfokus pada perwujudan dua bidak pion dalam permaian catur, keduanya saling menyerang dan bertahan dengan menggunakan aturan permainan catur. Karya tersebut ditampilkan oleh dua penari di panggung prosenium dengan memberikan konsep suasana papan catur dengan dekorasi yang unik.

Karya tari Pioneer merupakan karya tari yang berangkat dari gagasan ide koreografer. Dengan menganalisa setiap geraknya, koreografer tertarik dengan tiga aturan langkah pion. Kemudian dengan cara mengamati, membaca, dan berdiskusi, metode tersebut digabung untuk mendapatkan fokus serta tema yang tepat. Kemudian proses konsep yang akhirnya digunakan sebagai acuan pembuatan karya tari.

Kata Kunci: Analogi, Pion, Pioneer






Published
2020-01-20
How to Cite
INDHON MARDHIKA, A. (2020). “PIONEER”: SEBUAH KOREOGRAFI ANALOGI PION DALAM PERMAINAN CATUR. Solah, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/31826
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 25