BENTUK LAGU PARIS BARANTAI ARANSEMEN KEN STEVEN

  • FIRDA NUR SAKINAH

Abstract

Lagu Paris Barantai ini merupakan lagu berasal dari Kalimantan yang isinya menggunakan bahasa Banjar, Kalimantan. Lagu ini ciptaan Alm. H. Anang Ardiansyah yang merupakan golongan ( lagu daerah / lagu wajib daerah). Lagu yang dibahas pada jurnal ini merupakan lagu Paris Barantai yang diaransemen oleh Ken Steven.

Pada lagu yang di tulis dengan bahasa banjar ini merupakan lagu yang menceritakan tentang kerinduan pada seseorang yang lama terpendam dan tidak ingin terpisahkan. Sementara lagu ini juga bercerita tentang Kotabaru, sebuah tempat yang menjadi pertemuan sepasang kekasih yang saling jatuh cinta tersebut.

Lagu ini merupakan musik programatik yang dimainkan dalam bentuk paduan suara choir. Dapat disimpulkan lagu ini memiliki bentuk lagu tiga bagian yaitu A B A’. Pada partitur lagu Paris Barantai terdapat beberapa section suara, masing-masing memiliki range yang berbeda-beda. Berikut adalah range suara pada partitur lagu Paris Barantai di setiap sectionnya. Sopran ( E1-A2 ), Alto ( D1-A1 ), Tenor (E1-E2), dan Bass ( D1- F2 ).

Kata Kunci : Paris Barantai, Paduan suara, Bentuk Musik





Published
2020-01-27
How to Cite
NUR SAKINAH, F. (2020). BENTUK LAGU PARIS BARANTAI ARANSEMEN KEN STEVEN. Solah, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/31947
Section
Articles
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 2316