KARYA MUSIK “KONVERSI #” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODY

  • ACHMAD DEFRY AGUS MAULANA

Abstrak

Sebuah nada menempati wilayah yang lebih luas dalam otak kita dibandingkan bahasa.Adapun nada yang mengikat pada pikiran kita sampai kedalam imajinasi sehingga munculah suatu ide untuk menciptakan karya musik. Karya musik ini merupakan hasil dari proses penciptaan musik dengan metode mengkonversi nada Slendro yang ada pada alat musik Saronenmenjadi sebuah bangunan komposisi. Dari fenomena tersebut maka terciptalah karya musik yang berjudul “Konversi #”. Karya ini menggunakan bentuk penyajian Big Band dengan instrumen alto saxophone, tenor saxophone, trombone, trumpet, drum set, electric guitar, bass guitar, tong, patrol, tamborine, ceng-ceng dan ketuk.

Dari beragam bentuk musik saat ini, setiap penikmat musik memiliki substansi untuk memahami musik yang didengarnya.Keragaman intelektual, emosi dan lingkungan menciptakan perbedaan substansi dalam memahami musik itu sendiri.Penulisan karya musik “Konversi #” difokuskan pada tinjauan variasi melodi.

Karya musik “Konversi #” merupakan hasil dari proses penciptaan musik dengan metode mengkonversi nada Slendro yang ada pada alat musik Saronenmenjadi sebuah bangunan komposisi dengan menggunakan bentuk sajian Big Band. Karya musik ini merupakan jenis karya musik absolut yang mengkonversi laras slendro dalam tangganada pentatonik dengan durasi 6 menit dan total birama 128. Karya ini menggunakan fokus variasi melodi sebagai pengembangan variasi meoldi dalam setiap bagian.Variation atau variasi merupakan pengulangan sebuah lagu induk yang biasanya disebut tema dengan perubahan-perubahan (variasi) yang tetap mempertahankan unsur tertentu dan menambah atau mengganti unsur lain. Karya musik “Konversi #” menggunakan beberapa teknik variasi melodi, yaitu; variasi Melodic Variation and Fake, variasi Rhytmic Variation and Fake, variasi Counter Melody dan variasi Dead Spot Filler. Dalam karya musik ini pula terdapat 128 birama dengan disertai beberapa macam tempo, yaitu; Rubato, allegro, Maestoso, 110bpm, dan 100bpm.

Karya musik “Konversi #” disajikan dalam format Big Band dengan jumlah pemusik 16 orang. Karya musik ini total memiliki 130 birama dengan tangga nada D mayor dengan modulasi ke Bb mayor lalu terakhir modulasi pada tangga nada C mayor. Sukat yang digunakan antara lain 4/4 dengan tempo Allegreto, Maestoso, dan Moderato.

Kata kunci: Konversi #, Variasi Melody






Diterbitkan
2020-01-27
Bagian
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 58