KARYA MUSIK “FELICE ” DALAM TINJAUAN ORKESTRASI

  • ALVANDI ABEDNEGO KURNIAWAN

Abstrak

Matius 27:27–56 yang menceritakan Tuhan Yesus sebagai sikap heroik karya penebusan dosa buat umatnya yang harus menderita dibawa siksaan Pontius Pilatus dan mati disalibkan. Dari fenomena tersebut komposer mengungkapkan suasana hati yang dirasakan melalui karya musik “Felice”. Karya ini menggambarkan betapa besar kasih Yesus terhadap umatnya dan rasa bangga umatnya karena telah memiliki Tuhan seperti Yesus.

Kata “Felice”merupakan ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan. Konsep karya musik yang dipilih komposer merupakan penemuan sebuah kebahagiaan di dunia maupun diakhirat karena pengorbanan karya penebusan Yesus Kristus atas dosa-dosa umatnya nasrani.Tidak hanya penemuan dalam cerita yang terkandung, namun juga menemuan melodi–melodi baru yang belum pernah didengar oleh komposer sebelumnya. Sehingga komposer memilih kata “Felice” untuk mewakili baik ide gagasan dan konsep kekaryaan musik.

Secara keseluruhan, komposisi pada karya “Felice” terdiri dari tiga bagian yaitu bagain pertama, bagian kedua, dan bagian ketiga dengan total durasi 7 menit. Tempo yang digunakan pada karya musik ini yaitu adagio, tempo 110. Tangga nada yang digunakan pada karya musik ini yaitu Dm dengan sukat 4/4, 6/4. Instrumen yang digunakan yaitu violin 1, violin2, viola, cello, contrabass, bass electric, snare, bass drume, cymbal, flute, alto saxophone, tenor saxophone, trumpet, trombone, triangle, tubular bells, kemplang, paduan suara. Karya musik tersebut ditinjau dari ambitus, timbre, pemilihan instrumentasi,teknik, dinamika, dan penerapan aransemen karya.

Berdasarkan hasil penciptaan dan deskripsi simpulan yang dibahas mengenai karya musik “Felice“dalam format orkestra dengan peletakan instrument sesuai kemampuan masing-masing. Semoga yang telah tersampaikan dari karya music “Felice“bisa menjadi referensi yang menarik, menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat membawa perubahan yang positif.

Kata kunci: Kata Kunci :Orkestrasi, Orkestra, Felice






Diterbitkan
2020-01-27
Bagian
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 92