VISUALISASI POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER PADA TIPE TARI DRAMATIK DALAM KARYA “TRAFFICK”

  • ARISTA PUTRI NOVIANTI

Abstract

Karya tari Traffick berawal dari latar belakang obyekPost Traumatic Stress Disorder (PTSD) yang disebabkanHuman Trafficking. Hal inimembuatkoreograferinginmengangkatnyasebagaisebuah ide gagasanuntukmenciptakansuatukarya. Koreografer mengungkap keadaan psikologis korban PTSD menjadi sesuatu yang baru dari bentuk penyajiannya dan dikemas dalam bentuk pertunjukan tari dramatik. Karya tari Traffick ini mempunyai 2 variabel isi dan bentuk. Variabel isi berupa dampak psikologis korban PTSD dan variabel bentuk berupa tipe dramatik. Penciptaan karya tari Traffick yaitu sebagai wujud realisasi dari ide koregrafer dan Untuk bentuk pendeskripsian, mengkaji dan menganlisa dari karya tari “Traffick”. Sehingga karya tari ini tidak hanya dipahami oleh visual namun juga tersaji jelas secara teori. Metode yang digunakan adalah metode kontruksi oleh Jacqluline Smith sebagai acuan dan pijakan untuk membuat karya tari Traffick ini.Tari dengan judul Traffick menggunakan tipe tari dramatik. Struktur pada karya tari ini terdapat pada penguatan suasana dalam per adegan, selain itu juga mendapat riasan busana, dengan rias natural dan busana yang sesuai dengan tema karya. Melalui media seperti halnya tata rias dan busana, pola lantai, tata pentas cahaya, karya tari Traffick menjadi karya yang dinamis dengan menunjukan alur cerita dan suasana yang ingin disampaikan koreografer kepada penonton.

Koreografer berharap karya tari Traffick dapat menjadi dorongan para seniman lain untuk menciptakan karya yang lebih baik dan punya nilai sosial maupun edukasi yang bermanfaat untuk penonton. Kemudian berproses dengan cara ekplorasi tubuh secara matang sehingga bentuk- bentuk yang belum pernah dijumpai atau bahkan yang dirasa sulit untuk diterapkan akan mudah dan biasa dilakukan, serta meningkatkan kepekaan terhadap masalah atau fenomena sekitar untuk dapat dijadikan karya yang lebih kreatif tanpa menghilangkan identitas mereka masing-masing. Koreografer juga berharap masyarakat bisa lebih peka terhadap masalah sosial apalagi tentang psikologis yang sangat rentan.






Published
2020-01-28
How to Cite
PUTRI NOVIANTI, A. (2020). VISUALISASI POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER PADA TIPE TARI DRAMATIK DALAM KARYA “TRAFFICK”. Solah, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/31972
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 84