MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTUR DI SANGGAR TARI BHINNEKA KELURAHAN DANDONG, SRENGAT, BLITAR, JAWA TIMUR

Penulis

  • Dhea Almeyra Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handaningrum Univeristas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Manajemen pendidikan, multikultur, sanggar tari, pendidikan non-formal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan manajemen pendidikan berbasis multikultur di Sanggar Tari Bhinneka, Kelurahan Dandong, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana fungsi-fungsi manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan diimplementasikan dalam kegiatan pendidikan nonformal berbasis seni, serta strategi adaptif yang diterapkan dalam menghadapi perubahan zaman dan tantangan pasca-pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sanggar Tari Bhinneka berhasil menerapkan pendekatan manajemen yang inklusif, fleksibel, dan berorientasi pada nilai-nilai multikultural. Hal ini tercermin dalam sistem pelatihan yang mempertimbangkan keberagaman latar belakang peserta, struktur organisasi yang partisipatif, serta strategi kolaboratif dalam menjaga eksistensi sanggar melalui digitalisasi dan kewirausahaan berbasis seni. Temuan ini memperkuat relevansi teori manajemen pendidikan multikultur sebagai kerangka kerja yang efektif dalam mengelola lembaga seni berbasis komunitas yang heterogen.

Kata Kunci: Manajemen pendidikan, multikultur, sanggar tari, pendidikan nonformal

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Banks, James A. Cultural Diversity in Education: Foundations, Curriculum, and Teaching. Boston: Pearson Education, 2006.

Handayaningrum, Warih. Manajemen Seni Pertunjukan dan Pelestarian Budaya. Surabaya: UNESA Press, 2021.

Koentjaraningrat. Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Koontz, Harold, and Heinz Weihrich. Management: A Global Perspective. New York: McGraw-Hill, 1982.

Napitupulu, H. Pendidikan Seni dalam Konteks Masyarakat Multikultural. Jakarta: Rajawali Pers, 2019.

Nugroho, H. Pendidikan Kesenian dalam Masyarakat. Jakarta: Kencana, 2016.

Rabia Al Adawiyah NPM, O., & Pendidikan Tari Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni Fakultas Keguruan Dan, P. (2023). MANAJEMEN SANGGAR SENI BUNGA MAYANG DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Skripsi).

Ramadhan, K., & Handayaningrum, W. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN SENI TERHADAP ANAK JALANAN DI SANGGAR PENSI KABUPATEN BONDOWOSO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2).

Septika, R. R., & Handayaningrum, W. (2020). MANAJEMEN PAGUYUBAN PEMINAT SENI TRADISI CHANDRA KIRANA DI SMP NEGERI 1 KERTOSONO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1).

Terry, George R. Principles of Management. Homewood, IL: Richard D. Irwin, 1972.

Diterbitkan

2025-07-28

Cara Mengutip

Almeyra, D., & Handaningrum, W. (2025). MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTUR DI SANGGAR TARI BHINNEKA KELURAHAN DANDONG, SRENGAT, BLITAR, JAWA TIMUR. Solah, 11(1). Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/72019

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 4

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama