TEKNIK PERMAINAN PIANO KARYA MUSIK ‘THIS IS IT!’

  • ANDHIKA RIPTAYUDO NUGROHO

Abstract

Karya musik  ‘This Is It!’ merupakan karya musik jazz yang tergolong musik absolut. Proses penciptaannya dilatarbelakangi pengalaman komposer yang hidup dalam lingkungan musik karawitan dan keroncong. Dengan begitu banyaknya pengaruh musik karawitan dan keroncong, serta pendalaman musik jazz pada diri komposer, maka secara tidak disadari sekalipun komposer menciptakan suatu musik jazz, maka pengaruh dari musik tradisi akan selalu terbawa dalam konsepnya.
Teknik permainan piano adalah pembahasan utama pada penulisan, karena akan terlihat berbagai unsur musik tradisi yang menjadi kekuatan karya, baik penerapan teknik dalam aransemen maupun improvisasi yang melibatkan berbagai pengetahuan mengenai melodi dan harmoni.
Dalam proses penciptaan, langkah-langkah yang dilakukan adalah menentukan tema, judul, jenis musik, pemilihan instrumen hingga pada akhirnya menemukan musisi yang tepat untuk membawakannya. Kemudian eksplorasi dan kerja studio dilakukan hingga pada akhirnya karya musik ‘This Is It!’ dapat ditampilkan.
Karya musik ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi musisi jazz pada khususnya untuk semakin menyadari betapa musik jazz dengan unsur tradisi indonesia memiliki nilai luhur yang luar biasa dan memiliki karakteristik kuat yang tidak dimiliki oleh musik jazz di seluruh dunia.

Kata kunci: musik jazz, musik absolut, budaya Indonesia

Published
2014-11-09
How to Cite
RIPTAYUDO NUGROHO, A. (2014). TEKNIK PERMAINAN PIANO KARYA MUSIK ‘THIS IS IT!’. Solah, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/9903
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 303