ANALISIS BENTUK MUSIK PADA KARYA “YEARS OF THE BITTER AND THE SWEET”

  • ULFA AYUNIN

Abstract

Years of the Bitter and the Sweet ialah ungkapan perasaan dari seorang pemimpi. Karya musik ini mengisahkan tentang perjalanan hidup seseorang yang ingin mendapatkan segala hal yang diharapkan dan diimpikan dalam hidup.
Pada dasarnya, music dapat terwujud sempurna dengan adanya melodi, harmoni, irama, dinamika dan timbre yang disusun sedemikian rupa, begitu juga dengan karya musik “Years of the Bitter and the Sweet”. Disajikan sebagai music kamar dalam bentuk kwintet yang menggunakan dua jenis instrument gesek berupa violin, violoncello dan berbagai instrumen yang lain seperti flute, triangle, keyboard, drumset dan bass elektrik.
Karya musik“Years of the Bitter and the Sweet” terdiri dari empat tahapan yang berjumlah 238 birama. Di dalamnya terdapat dua tema, empat bagian, enam motif, dan tiga perubahan tempo. Pada setiap tema ada beberapa variasi yang berbeda. Di dalam tema pertama terdapat tiga variasi yaitu variasi I berupa variasi melodi dan irama, variasi II yaitu variasi harmoni dan variasi III yaitu variasi irama. Sedangkan dalam tema kedua ada empat bentuk variasi yaitu variasi I yang berupa variasi melodi dan irama, variasi II yaitu variasi melodi, variasi III yaitu variasi melodi dan variasi IV yaitu variasi karakter. Pada tahapan pertama bertempo allegro. Pada tahapan kedua tidak terjadi perubahan tempo yaitu allegro. Pada tahapan ketiga, terdapat dua perubahan tempo yaitu rubato dan allegro. Pada tahapan keempat terdapat satu tempo yaitu maestoso.
 
Kata kunci: analisis bentuk musik, bentuk variasi

Published
2014-11-09
How to Cite
AYUNIN, U. (2014). ANALISIS BENTUK MUSIK PADA KARYA “YEARS OF THE BITTER AND THE SWEET”. Solah, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/9910
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 1638