ARTIKULASI BUNYI PADA POLA RITME DRUM DALAM KARYA MUSIK “HEART BEAT ”

  • ALVITA AMELIA K.

Abstract

Musik adalah bunyi yang diatur menjadi sebuah pola yang tersusun dari bunyi atau suara dan keadaan diam. Musik tercipta dari perpaduan alat musik yang memiliki beragam suara yang mengikuti sebuah ketukan atau ritme. Alat musik juga memiliki artikulasi atau cara pengadaan bunyi dalam memainkan alat musik. Pengartikulasian bunyi akan terbentuk apabila adanya unsur yang beresonansi. Salah satu alat musik yang berkaitan dengan penggunaan prinsip resonansi adalah drum. Drum memiliki artikulasi bunyi pada setiap pola ritmenya. Dalam karya musik “Heart Beat” komposer terinspirasi untuk mengungkapkan suasana hati manusia melalui sebuah karya musik dengan mengekspresikan ritme detak jantung dari berbagai macam emosi yang muncul, yang diwujudkan dalam pemilihan instrumen musik drum sebagai peranan utama. Fokus utama penelitian terdapat pada artikulasi bunyi pada pola ritme drum. Artikulasi bunyi tersebut terdiri dari beberapa unsur yang memperngaruhinya. Diantaranya teknik permainan, dinamika, tempo tertentu dan variai instrumen drum yang digunakan.
Penyajian karya musik Heart Beat ini menggunakan format Theatre Orchestra, dengan berbagai perpaduan sumber bunyi yang dikolaborasikan dengan instrumen perkusi 1, perkusi 2, drumlight dan juga drumset. Beberapa teknik permainan drum yang digunakan dalam karya ini antara lain adalah single stroke, double stroke, paradiddle, flam, rimshot, heel up, heel down, crossing step, dan double pedal. Sementara dinamika yang digunakan dalam karya musik ini terdiri atas crescendo, decrescendo, fermata dan juga aksen. Hasil dari penulisan kekaryaan ini menunjukkan bahwa dalam Karya musik “Heart Beat” terdiri dari 7 bagian yang terdiri dari 267 birama dengan menggunakan berbagai variasi instrumen dan 30 macam pola ritme drum dengan berbagai teknik permainan, dinamika, dan tempo tertentu. Sehingga dapat mengekspresikan ritme detak jantung yang diwujudkan dalam berbagai suasana melalui artikulasi bunyi yang terdapat pada pola ritme drum.

Kata Kunci : Artikulasi Bunyi, Pola Ritme Drum, Heart Beat.

Published
2014-11-09
How to Cite
AMELIA K., A. (2014). ARTIKULASI BUNYI PADA POLA RITME DRUM DALAM KARYA MUSIK “HEART BEAT ”. Solah, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/9911
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 338