SOSEARCH : Social Science Educational Research https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sosearch <p><strong>SOSEARCH : Social Science Educational Research</strong> merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan IPS FISH Unesa, Surabaya yang bekerja sama dengan <strong>Forum Komunikasi Guru IPS (FKG-IPS) Nasional&nbsp;</strong>dengan <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1605850796&amp;1&amp;&amp;2020">ISSN&nbsp;2774-2776 (Media Online)</a>. Jurnal ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dibidang Pendidikan IPS baik dalam ranah teoritis dan praksis.&nbsp; Jurnal ini juga memiliki fokus kepada hasil Studi Ilmu-ilmu Sosial yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan ontologis Pendidikan IPS baik di tingkat nasional, regional dan global.</p> en-US sosearch@unesa.ac.id (Nuansa Bayu Segara) aliimron@unesa.ac.id (Ali Imron) Fri, 24 Sep 2021 23:15:12 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Kendala Guru IPS Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 di Kabupaten Jombang https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sosearch/article/view/42884 <p>Penelitian ini berfokus untuk mengetahui kendala yang dialami guru IPS selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Jombang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Behavioristik oleh Ivan P. Pavlov yang menekankan pada stimulus dan respon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualititif deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara interaktif dari Miles dan Huberman meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini diantaranya adalah guru IPS dan siswa dari lima sekolah yang ada di Kabupaten Jombang. Temuan data menunjukkan bahwa selama kegiatan pembelajaran berlangsung daring guru mata pelajaran IPS di Kabupaten Jombang mengalami beberapa kendala pada kegiatan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian. Kendala yang dialami meliputi pemilihan sumber belajar yang sesuai, keterbatasan konseksi internet, pengkondisionalan peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung <em>online</em>, dan ketepatan siswa dalam pengumpulan tugas harian selama pembelajaran daring. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan selama pembelajaran daring diantaranya, memilih aplikasi belajar yang sesuai, membuat materi pembelajaran yang menarik,&nbsp; dan memberi sanksi bagi peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran.</p> Lira Trisnaning Beta ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sosearch/article/view/42884 Fri, 24 Sep 2021 23:14:39 +0000