Authors

  • DWIKI AYU SRI MARETA

Abstract

Proses pembelajaran dengan Kurirulum 2013 mensyaratkan menggunakan media. Pada Kurirulum 2013 TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bukan lagi sebagai mata pelajaran namun TIK harus diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Kenyataannya pemanfaatan TIK sebagai media oleh guru geografi di SMAN Kabuh masih rendah. Rendahnya pemafaatan media berbasis TIK merupakan salah satu masalah dalam pembelajaran. Salah satu perangkat yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran adalah prezi, sebuah perangkat lunak yang digunakan sebagai media presentasi dan juga alat untuk mengeksplorasi berbagai ide di atas kanvas virtual. Dengan adanya media pembelajaran prezi diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara kognitif pelajaran geografi.

         Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media prezi dengan model ASSURE, mengetahui perbedaan hasil belajar secara kognitif siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran prezi dan yang tidak menggunakan media pembelajaran prezi, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mempunyai inteligensi tinggi dan rendah, dan mengetahui pengaruh interaksi antara media pembelajaran prezi pada KD 3.3 “Menganalisis Dinamika Planet Bumi Sebagai Ruang Kehidupan” dan tingkat inteligensi terhadap hasil belajar siswa secara kognitif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu pengembangan media prezi KD 3.3 dengan model ASSURE yang memiliki enam tahap. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN Kabuh Kabupaten Jombang. Teknik analisis perbedaan hasil belajar kognitif menggunakan anova dua jalur.

         Hasil pengembangan media pembelajaran KD 3.3 ditunjukkan dengan kelayakan menurut ahli media prezi dengan skor 80 % (layak), ahli materi 80 % (layak) dan guru geografi 91% (sangat layak). Hasil respon siswa menunjukkan skor 76 % (baik). Setelah mendapatkan perlakuan dengan media prezi, nilai p = 0,450 dari hasil analisis anova dua jalur hasil belajar siswa dengan media prezi dan yang tidak menggunakan lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 sehingga tidak ada perbedaan signifikan. Hasil belajar siswa yang mempunyai inteligensi tinggi dan rendah, ditunjukkan dengan nilai p = 0,003 kurang dari taraf signifikansi 0,05 sehingga ada pengaruh signifikan. Dan interaksi media prezi dan tingkat inteligensi terhadap hasil belajar secara kognitif, ditunjukkan dengan nilai p = 0,430 lebih dari taraf signifikansi 0,05, sehingga tidak ada pengaruh signifikan.

Kata Kunci :Media Pembelajaran Prezi, Tingkat Inteligensi, Hasil Belajar Kognitif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-08-06
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 146