MOTIVASI PETANI DALAM MENANAM KOMODITAS PADI PADA DAERAH LUMBUNG PADI DI KABUPATEN GRESIK

Authors

  • NANING KHOIRUN NISA

Abstract

MOTIVASI PETANI DALAM MENANAM KOMODITAS PADA DAERAH LUMBUNG PADI DI KABUPATEN GRESIK

 

Naning Khoirun Nisa

Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya, naningkhoirunnisa.1302@gmail.com

Dra. Hj. Ita Mardiani Zain, M.Kes

Dosen Pembimbing Mahasiswa

Abstrak

 

Komoditas padi merupakan sumber pangan pokok untuk rakyat Indonesia. Sebagai lumbung pangan nasional dengan kontribusi sebesar 17%, Jawa Timur mengalami penurunan produksi dari tiap tahunnya. Pada tahun 2014 penurunan juga dialami oleh Kabupaten Gresik sebagai salah satu kontributor padi bagi Jawa Timur sebesar 2%. Penurunan produksi padi tidak lepas dari peran petani sebagai orang yang mengelola usaha di bidang pertanian. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah motivasi petani. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik petani pada daerah lumbung padi dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi petani dalam menanam komoditas padi pada daerah lumbung padi di Kabupaten Gresik.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling dengan sampel berjumlah 100 petani. Pengambilan data dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik petani pada daerah lumbung padi yaitu sebesar 45% usia petani termasuk usia muda yaitu 28-45 tahun dan sebesar 74,5% tipe petani termasuk kategori petani komersial. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi petani diantaranya adalah 46% pendidikan petani hanya tamatan SD, 89,7% pendapatan petani rata-rata adalah Rp.2.100.000, 62% responden petani bekerja di sawah selama 1-22 tahun, sebesar 58% para petani mengikuti kegiatan penyuluhan 0-1 kali, sebesar 56,1% responden mempunyai luas lahan >0,2 Ha. Modal yang digunakan adalah modal sendiri. Pemasaran diwujudkan dengan adanya jaminan pembelian dan jaminan harga antara petani dengan pedagang namun tanpa perjanjian, dan faktor yang paling berpengaruh terhadap motivasi petani dalam menanam komoditas padi adalah modal dengan nilai (p=0,043).

 

Kata kunci :

Motivasi, petani, komoditas padi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-08-19
Abstract views: 261 , PDF Downloads: 1711