PENGARUH KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SEMESTER GANJIL SMANKESAMBEN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
PENGARUH KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SEMESTER GANJIL SMANKESAMBEN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Nisa Faradisa Oktavia
Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya, faradisa17@gmail.com
Drs. H. Suhadi Hardjasaputra, M.Si
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Abstrak
Pada umumnya, pembelajaran di sekolah dilakukan secara klasikal sehingga, akan muncul suatu permasalahan yaitu adanya perbedaan hasil belajar setiap siswa. Perbedaan hasil belajar siswa tersebut berupa adanya siswa yang mendapat hasil belajar yang baik, yang cukup dan bahkan ada yang kurang hasil belajarnya.Hal ini diawali dengan perbedaan karakteristik siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan tingkat pengaruh karakteristik peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran Geografi kelas X di SMAN Kesamben Jombang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket, tes, dokumentasi dan observasi yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif menggunakan uji regresi linier berganda dan uji One Way Anova dengan bantuan aplikasi SPSS 18.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, semakin besar nilai karakteristik peserta didik maka akan diikuti oleh semakin besarnya hasil belajar mata pelajaran geografi. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan), maka dapat disimpulkan secara simultan sub variabel karakteristik peserta didik (Intelligence Quotient, motivasi serta minat) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi. Namun, dari hasil uji One Way Anova diketahui bahwa tidak ada perbedaan antara gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi. Sedangkan berdasarkan hasil pengolahan data dari uji hipotesis secara parsial dapat diketahui bahwa sub variabel karakteristik peserta didik berupa Intelligence Quotient dan minat berpengaruh secara signifikan, sedangkan sub variabel karakteristik peserta didik berupa motivasi berpengaruh tidak signifikan. Hal ini juga yang menyebabkan pengaruh karakteristik peserta didik (X) terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi kelas X semester ganjil SMAN Kesamben Jombang tahun pelajaran 2014/2015 hanya sebesar 30,3%,.
Kata Kunci:Karakteristik peserta didik, hasil belajar dan mata pelajaran geografi
Downloads
Abstract views: 79
,
PDF Downloads: 60