Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Pasar Krempyeng Di Dalam Komplek Perumahan Kota Baru Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

Authors

  • AMELIA IRMA ANDRIANA

Abstract

Pasar Krempyeng merupakan salah satu sektor informal yang sekarang telah berkembang di perkotaan salah satu contohnya yaitu di dalam komplek perumahan Kota Baru Driyorejo.

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan munculnya pasar Krempyeng di dalam komplek perumahan Kota Baru Driyorejo jika di lihat dari aspek aksesbilitas, lokasi pasar, dan kondisi sosial dan bagaimana persepsi penjual dan pembeli terhadap munculnya pasar Krempyeng di dalam komplek perumahan Kota Baru Driyorejo. Jenis  penelitian ini adalah survei, yaitu populasi jumlah pedagang yang berjualan di Pasar Krempyeng sebanyak 303 pedagang dan pengambilan sampel pedagang dengan cara random sampling  sebanyak 167  pedagang  dan  untuk pengambilan sampel pembeli dilakukan dengan cara  accidental sampling sebanyak 80 orang. Teknik  pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif  kuantitatif  dengan  Prosentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jarak absolut dari rumah pedagang ke pasar Krempyeng yaitu rata-rata ≤1 Km ,sedangkan jarak absolut dari  rumah pembeli  ke pasar  Krempyeng rata-rata ≤1 Km. Waktu tempuh, kondisi jalan, ketersediaan sarana transportasi pedagang dan pembeli yaitu rata-rata ditempuh ≤30 menit, kondisi jalan yaitu aspal, ketersediaan sarana yaitu sepeda motor/angkot. Lokasi pasar  Krempyeng yaitu strategis.  Adanya motivasi dari kesuksesan  pedagang terdahulu sehingga baik warga sekitar perumahan maupun pendatang akhirnya memutuskan untuk menjadi pedagang serta perilaku konsumtif warga perumahan tinggi. Persepsi pedagang mengenai tingkat kemudahan menjual barang dagangan, 60% sebagian besar pedagang tidak ada kesulitan dalam menjual  menjual  barang dagangan di pasar Krempyeng, persepsi pedagang tentang omset penjualan, 75% pedagang mendapatkan omset banyak saat berjualan di pasar Krempyeng. Persepsi pembeli mengenai harga barang adalah murah, persepsi pembeli  mengenai kelengkapan barang, pembeli tidak susah mencari barang dagangan di pasar Krempyeng, karena semua barang kebutuhan tersedia dan lengkap.

Kata kunci : pedagang,  pembelii,  pasar Krempyeng,  komplek perumahan Kota Baru Driyorejo

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-01-20
Abstract views: 70 , PDF Downloads: 415