PENGEMBANGAN KOMIK GEOGRAFI SEBAGAI BAHAN AJAR GEOGRAFI PADA MATERI HIDROSFER DAN DAMPAKNYA BAGI KEHIDUPAN KELAS X-IPS SMA KEMALA BHAYANGKARI 03 PORONG
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru geografi, siswa di SMA Kemala Bhayangkari 03 Porong memiliki minat baca yang rendah. Rendahnya minat baca tersebut dapat disebabkan karena kurang menariknya bahan ajar siswa yang digunakan. Peneliti ingin mengembangkan bahan ajar dengan materi yang lebih lengkap dan bisa dibawa kemana saja yaitu berupa Komik Geografi. Penelitian ini bertujuan : 1) Mengembangkan komik Geografi pada materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Bagi Kehidupan yang digunakan 2) Mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Komik Geografi dengan siswa yang tidak menggunakan Komik Geografi, 3) Melakukan Observasi guru di kelas yang menggunakan Komik Geografi dengan kelas yang tidak menggunakan Komik Geografi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berupa Komik Hidrosfer, dengan model penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) dengan model ASSURE: Analyze Leaener (Menganalisis Pembelajaran), State Objectives (Tujuan), Select Method, Media or Materials (Memilih Metode, Media dan bahan), Utilize Media And Materials (Memanfaatkan Media dan Bahan), Require Learner Participation (Membutuhkan partisipasi Pelajar) Evaluate And Revise (Mengevaluasi dan Merevisi). Subjek penelitian adalah siswa SMA Kemala Bhayangkari 03 Porong kelas X-IPS 3 sebagai kelas Eksperimen dan X-IPS 1 sebagai kelas Kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Komik Geografi layak digunakan dalam pembelajaran dengan penilaian dari ahli media sebesar 92,70 %, dari ahli materi dosen geografi sebesar 88,5% dan dari materi ahli guru geografi sebesar 93,75%, (2) Melalui Uji Independen Sample nilai postest menunjukkan hasil perhitungan p (signifikansi) 0,000 artinya setelah dilakukan postest di kelas eksperimen dengan menggunakan komik geografi ternyata ada perbedaan hasil belajar dengan nilai postest kelas kontrol yang tidak menggunakan komik geografi. Jadi komik geografi yang digunakan berhasil meningkatkan minat baca siswa melalui hasil belajar yang baik. Hasil ketuntasan klasikal kelas eksperimen 89,94%, sedangkan kelas kontrol sebesar 81,5 %. (3) Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapatkan hasil yang sangat baik.
Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, komik geografi, Menganalisis Hidrosfer .
Downloads

