Abstract
Suasana pembelajaran di dalam kelas yang tidak semua siswa fokus terhadap pelajaran yang diberikan oleh gurunya karena siswa cepat merasa bosan dan mengantuk akan berdampak pada nilai belajar siswa. Hal ini juga menyebabkan siswa kurang memahami materi dan cenderung lebih pasif. Guru memerlukan media yang mampu mewakili materi yang disampaikan dan mampu mengaktifkan siswa di dalam pembelajaran, salah satunya adalah media Kartu LH. Media ini memuat materi yang luas menjadi singkat, memberikan visualisasi dalam bentuk gambar-gambar dan dapat menciptakan suatu pembelajaran yang aktif. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk (1) mengetahui kelayakan media Kartu LH pada pelajaran geografi khususnya pada materi pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup, (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan media Kartu LH.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengembangan dilakukan dengan uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. Analisis data hasil belajar dihitung menggunakan ketuntasan klasikal. subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS-2 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan (1) kelayakan media berdasarkan penilaian ahli media dalam segi kelayakan penyajian mendapatkan skor 83.33% yang termasuk kategori sangat layak dan dalam segi kelayakan penggunaan bahasa mendapatkan skor 87.5% berarti sangat layak. Dilihat dari kelayakan ahli media berdasarkan penilaian ahli pembelajaran mendapatkan skor 83.82% yang termasuk dalam kategori sangat layak (2) Hasil belajar belajar siswa menunjukkan adanya kenaikan yang signifikan dimana nilai pretest kelas experiment sebesar 58.69% menjadi 89.40%, pada nilai posttest ketuntasan klasikal sebesar 80.95%. sedangkanpada kelas kontrol mengalami sedikit kenaikan dimana nilai pretest sebesar 57.39% menjadi 82. 17% pada nilai posttest dengan ketuntasan klasikal sebesar 60.86%. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media Kartu LH layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup.
Kata kunci : kelayakan Media Kartu LH, Hasil Belajar.
Downloads

