Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Geografi (Ultage) Sebagai Media PembelajaranGeografi Pada Materi Litosfer Kelas X MAN Mojoagung Jombang

Authors

  • ST ANNISA'US SHOLICHAH

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru geografi MAN Mojoagung, tidak semua siswa memperhatikan
penjelasan yang diberikan oleh guru sehingga materi yang disampaikan tidak dapat diserap dengan baik. Begitu pula
dengan media yang digunakan sangat terbatas dengan menggunakan power point, peta konsep, dan metode ceramah,
sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Selain itu, hasil belajar siswa juga tergolong rendah. Mengacu pada
permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan media permainan Ular Tangga Geografi (Ultage), (2)
mengetahui hasil belajar siswa, (3) mengetahui aktivitas guru dan siswa selama menggunakan media permainan Ular
Tangga Geografi (Ultage). Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Model pengembangan
menggunakan ADDIE (Analyze, Define, Develop, Implement, Evaluate). Rancangan penelitian menggunakan
Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen
(menggunakan media permainan Ular Tangga Geografi) dan X-2 sebagai kelas kontrol (tidak menggunakan permainan
Ular Tangga Geografi). Pengembangan dilakukan dengan uji validasi oleh ahli media, materi, dan guru geografi SMA.
Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan ketuntasan klasikal. Pengamatan aktivitas guru dan siswa dilakukan dengan
menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media permainan Ular Tangga Geografi (Ultage) layak dan efektif
digunakan dalam pembelajaran dengan penilaian ahli media pada aspek format media sebesar 87.50, desain media
sebesar 85.29, ahli materi dosen geografi sebesar 91.67, dan ahli pembelajaran sebesar 83.92. (2) Hasil belajar siswa
kelas eksperimen menunjukkan adanya kenaikan yang signifikan dimana nilai pretest kelas eksperimen sebesar 41,97
menjadi 90,27 pada nilai postest dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,44%. Kelas kontrol mengalami sedikit kenaikan
dimana nilai pretest sebesar 38,88 menjadi 81,75 pada nilai postest dengan ketuntasan klasikal sebesar 70,00%. (3)
Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru kelas X-1 banayak mengalami peningkatan, aktivitas guru kelas X-2
cenderung tetap. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen cenderung meningkat.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Ular Tangga Geografi (Ultage), Hasil Belajar, Aktivitas Guru dan Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-01-22
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 130