FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN PELAJAR SUMBA TIMUR MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DI JAWA TIMUR

  • FRIDOLIN WALANGARA

Abstract

 

 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelajar Sumba Timur Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi 

di Jawa Timur

Fridolin Walangara

Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, fridolin229@gmail.com

Lucianus Sudaryono 

Dosen Pembimbing Mahasiswa

Abstrak

Sumba Timur merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang masih tertinggal, dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi, dan secara ekonomi juga. Pendidikan dasar sampai menengah atas sudah mulai dibenahi oleh pemerintah, tapi belum ada pembenahan terhadap pendidikan perguruan tinggi. Hal inilah yang membuat Sumba Timur berupaya mendorong masyarakatnya untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Jawa Timur dengan kabupaten Surabaya dan Malang sebagai tujuan utama. Keadaan ekonomi Sumba Timur yang masih rendah merupakan kendala bagi masyarakatnya untuk melanjutkan pendidikan ke Jawa Timur, baik untuk kebutuhan perjalanan, biaya kuliah, maupun biaya hidup sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dibalik fenomena Sumba Timur yang masyarakatnya melanjutkan pendidikan ke Jawa Timur, walaupun dengan kondisi ekonomi lemah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang datanya dikumpulkan dari dua wilayah yaitu Sumba Timur dan Jawa Timur, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dari mahasiswa Sumba Timur yang sedang melanjutkan pendidikan tinggi di Jawa Timur, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi, penyajian, dan pengapsahan data, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan pendidikan tinggi di Sumba Timur yang masih tertinggal membuat masyarakat di Sumba Timur termotivasi untuk mendapatkan pendidikan perguruan tinggi yang lebih baik di Jawa Timur, karena menurut asumsi mereka pendidikan tinggi di Jawa sudah berkembang dibindangkan dengan wilayah lainnya di Indonesia. Dukungan orang tua dan minat mempengaruhi mereka memilih daerah di Jawa Timur bisa menunjang keadaan ekonomi mereka yang lemah, seperti memilih Malang karena lebih murah dibandingkan dengan Surabaya. Banyaknya masyarakat Sumba Timur yang melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Jawa Timur membuat informasi dengan mudah sampai ke Sumba Timur yaitu, melalui cerita-cerita, baik dari mereka yang pernah melanjutkan maupun yang sedang melanjutkan pendidikan di Jawa Timur.

Hasil penelitian fenomena Sumba Timur membuktikan bahwa dengan kondisi ekonomi yang lemah dan hanya bisa menggunakan transportasi laut dan udara untuk bisa sampai ke Jawa Timur, namun dengan motivasi, minat dan dukungan orang tua membuat Sumba Timur tetap mendorong masyrakatnya untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Jawa Timur. Sehingga dengan hasil penelitian ini dibutuhkan campur tangan pemerintah untuk membenahi pendidikan perguruan tinggi di Sumba Timur agar msyarakatnya lebih mudah mendapatkan pendidikan perguruan tinggi.

Kata kunci: Pendidikan Sumba Timur, pendidikan tinggi, faktor-faktor yang mempengaruhi.

The Impression Factors Of East Sumba Studentd’s Continous Their Study At the Universities of East Java

Abstract

East Sumba is one of the region in Indonesia which the lowest economy and education, started from elementany school until university. However the education of elementary and high school already fix by goverment. That’s the reason of the people of  east Sumba continue their study at Surabaya and Malang region of east Java Province. The economy in east Sumba is very low, it’s will take effect for the people who want to continue their study to east Java, because needs much money for the transportation, life, and study. The purpose of this research is to know why the people of east Sumba supported each other to continue their study to east Java althought the economy around east Sumba is to weak.

This research used kualitative method which case approach, the data takes from east Sumba and east Java, by using observation, interviewing, and ducomentation. The data that already submitted is a premier data of east Sumba student which studying at the universities of east Java. This data analysis use reduction tecnicque, presentation, valid data, and than conclution.

This research show that’s the condition of the Universties at east Sumba is very low. That is the reason of the people of east Sumba motivated to study at better universities at east Java. Based on their assumtion, the Universities at Java is better than the other Universities in Indonesia. Supported by parents and wishes influence them to choose east Java that supported their economy ability, as like Malang is to cheapeast than Surabaya. Many people of east Sumba which continue their study at the Universities of east Java make’s the information easy come to people of east Sumba, for example from the story ofsome people that already graduated or studying at east Java.

The result of the fenomenal research at east Sumba showed that the condition of the economy is to low and just can use the sea transportation and air transportation to get at east Java, with the motivation, ambition, and parent’s supported make east Sumba people continue their study at east Java. With the result of this research needed goverment to fix the Universities at east Sumba to make the people easy to studyat the Universities.

Key words: Education at east Sumba, Universities, influence factors

Published
2016-02-29
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 529