PENGEMBANGAN MEDIA ROBOT LEMPENG TEKTONIK DALAM MENARIK RESPON SISWA PADA MATERI DINAMIKA PLANET BUMI KELAS X SMA  MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

  • DIMAS HENDRA SASMITA

Abstract

     Pembelajaran Geografi di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya khususnya kelas X1 dan X2 guru masih menggunakan metode konvensional ceramah dan papan tulis serta menggunakan media powerpoint. Siswa kurang tertarik terhadap mata pelajaran Geografi, hal  ini ditunjukan hasil angket respon siswa rendah karena guru tidak pernah menggunakan media dalam proses pembelajaran dan nilai KKM 62,5% yang tidak tercapai.  Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media robot lempeng tektonik yang layak digunakan dan mampu meningkatkan respon siswa.

      Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan  model Four-D yang terdiri dari 4 tahap pendefinisian (difine), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (dessiminate). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data media robot lempeng tektonik dan materi mengenai pergerakan dihitung menggunakan presentase persen dan hasilnya dimasukan dalam kriteria Skala Likert, sedangkan angket respon siswa menggunakan Skala Guttman dan hasilnya dihitung menggunakan presentase persen, dan dimasukan kedalam kriteria Skala Likert.

      Hasil penelitian dapat dijelaskan melalui tahapan sesuai dengan model pengembangan 4-d yaitu, Tahap pendefinisian (difine) masalah mengenai pengunaan metode konvensional ceramah dan papan tulis, dan ketika mengunakan media powerpoint siswa merasa kurang tertarik. Pemilihan  media robot lempeng tektonik diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai pergerakan lempeng yang ada dipermukaan bumi sehingga dapat menarik respon siswa. Tahap kedua perancangan (design) dalam penyampaian materi mengenai dinamika planet bumi tidak bisa hanya dengan metode konvensional ceramah dan papan tulis diperlukan penggunaan media dalam proses pembelajaran. Media robot lempeng tektonik adalah media yang dibuat 3 dimensi yang hampir menyerupai bentuk asli dari permukaan bumi. Tahap ketiga pengembangan (develop) mengetahui kelayakan media robot lempeng tektonik, media robot lempeng tektonik sangat layak digunakan dan sesuai dengan materi mengenai pergerakan lempeng tektonik hasil validasi ahli media mendapatkan presentase 73,3% sehingga media bisa digunakan dalam proses pembelajaran. Materi divalidasi ahli materi dan mendapatkan presentase sebesar 80% sehingga materi dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Menurut ahli materi media robot lempeng tektonik sesuai dengan materi mengenai pergerakan lempeng. Respon siswa positif sehinga minat siswa terhadap mata pelajaran Geografi juga baik.

Kata Kunci:  Media pembelajaran,  robot lempeng tektonik, respon siswa, kelayakan produk.

 

Published
2016-05-09
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 33