PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI PERAIRAN LAUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS DI MAN TEMPURSARI NGAWI TAHUN AJARAN 2015/2016

  • ANNISA ROBBAYANI

Abstract

Abstrak 

Pembelajaran Geografi memiliki materi-materi yang kompleks seperti materi perairan laut yang diajarkan pada siswa SMA/MA kelas X IIS pada semester genap yang membutuhkan taraf berfikir secara abstrak karena objek tidak dapat diamati secara langsung oleh siswa sehingga sangat menyulitkan siswa dalam belajar dan dapat menimbulkan miskonsepsi pada siswa. Oleh karena itu guru dituntut agar lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran geografi yang bermakna. Dari permasalahan tersebut peneliti mengambil tema penelitian yakni pengembangan media diorama pada materi perairan laut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media diorama, respon siswa dan perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen atau kelas yang menerapkan media diorama dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan media diorama.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ASSURE. Lokasi penelitian di Universitas Negeri Surabaya dan MAN Tempursari Ngawi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 1 (Kelas Eksperimen) dan kelas X IIS 2 (Kelas Kontrol). Teknik analisis data menggunakan lembar validasi, angket respon siswa dan progam SPSS 20 for windows. Uji statistik yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yaitu Uji Independent Sample T-Test dan Paired Sample T-Test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media diorama yang dikembangkan mendapat penilaian kelayakan oleh ahli media sebesar 90% dan ahli materi sebesar 94,28% sehingga total prosentase >81% termasuk kategori sanat layak. Angket respon siswa menunjukkan kategori sangat baik dengan nilai sebesar 96,09%. Untuk Uji-T dengan Uji Independent Sample T-Test dan Paired Sample T-Test menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa dikelas eksperimen yang menerapkan media diorama dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan media diorama. Nilai rata-rata hasil belajar (post test) di kelas eksperimen 81,25 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 73,27.

 

Kata Kunci:         Pengembangan Media, Media Diorama Tentang Perairan Laut

Published
2016-05-20
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 112