Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Materi Hidrosfer Sub Bab Siklus Hidrologi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Lamongan

  • MERY ANJAR PUTRIANA DEWI

Abstract

Model pembelajaran yang berpusat pada guru membuat siswa pasif dan malas berpikir karena terbiasa hanya menerima penjelasan dari guru tanpa ada partisipasi dari siswa itu sendiri sehingga keaktifan dan kreatifitas siswa tidak dapat tergali. Metode mengajar tradisional seperti itu menjadikan siswa tidak dapat leluasa mengemukakan pendapat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran geografi SMA Negeri 2 Lamongan, selama proses pembelajaran siswa kurang aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Guru perlu menerapkan model pembelajaran kooperatif yang dapat menciptakan interaksi antar siswa dalam menyelesaikan permasalahan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas X IIS 1  SMA Negeri 2 Lamongan.

Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment Design dengan desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 2 Lamogan semester genap tahun ajaran 2015-2016. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil belajar kognitif dilakukan dengan menggunakan program SPSS 20 for windows. Hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik dianalisis dengan mengubah nilai frekuensi dalam lembar penilaian dalam persentase. 

Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih baik daripada siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing, hal ini ditunjukkan dengan uji statistik uji-t  sampel bebas antara nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh p(sig.) sebesar 0,000. Hasil belajar afektif pada kelas eksperimen menunjukkan hasil pada penilaian sikap spriritual diperoleh rata-rata skor sebesar 83% dan penilaian sikap sosial memperoleh skor rata-rata sebesar 80,5 %. Model pembelajaran snowball throwing memberikan hasil belajar afektif yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar psikomotorik menunjukkan hasil pada penilaian keterampilan siswa dalam melaksanakan model pembelajaran snowball throwing diperoleh skor rata-rata sebesar 91% dan penilaian dalam membuat bagan siklus hidrologi telah diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 92,8%. Model pembelajaran snowball throwing memberikan hasil belajar psikomotorik yang termasuk dalam kategori sangat baik.

Kata kunci: snowball throwing, kognitif, afektif, psikomotorik

Published
2016-05-25
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 85