PENGARUH PEMBANGUNAN PASAR BABAT TERHADAP MUNCULNYA PEDAGANG KAKI LIMA DI JALAN KARTINI DAN JALAN PENDIDIKAN KELURAHAN BABAT KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN

  • MOHAMMAD SHOLAHUDDIN A

Abstract

Pasar Babat merupakan pasar tradisional terbesar di Kabupaten Lamongan. Lokasi Pasar Babat sangat strategis terletak di perbatasan antara Pusat kota Babat berada di persimpangan jalur antara Surabaya - Bojonegoro - Cepu - Jombang dan Tuban. Babat merupakan Kecamatan terbesar kedua di Kabupaten Lamongan yang memiliki lokasi strategis yang dikembangkan untuk wilayah perdagangan.  Pasar Babat berawal dari Pasar Tradisional yang dikelola oleh Kepala Desa sejak kelurahan Babat belum terbentuk, dan pada tahun 1988 Pasar Babat berubah menjadi Pasar Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan, pada tahun 2010 dilakukan pendataan pedagang untuk dilakukan pembangunan revitalisasi pasar Babat yang dimulai pada tahun 2011 dan selesai pembangunannya pada Oktober tahun 2012. Pembangunan tersebut terdapat fenomena munculnya pedagang kaki lima yang berada di Jalan Kartini dan Jalan Pendidikan yang lokasinya dekat dengan pasar Babat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembangunan pasar Babat terhadap munculnya pedagang kaki lima.

Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah pedagang kaki lima yang berjualan di Jalan Kartini dan Jalan Pendidikan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling dengan ukuran sampel sebanyak 56 responden. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pembangunan pasar dengan munculnya pedagang kaki lima. Hasilnya diperoleh nilai koefisien sebesar 0,093 dengan nilai signifikan atau probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05) yang maknanya adalah semakin tinggi pembangunan pasar Babat behubungan dengan semakin tinggi terhadap munculnya pedagang kaki lima. Hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini di terima, yaitu terdapat hubungan pembangunan pasar Babat terhadap munculnya pedagang kaki lima di Jalan Kartini dan Jalan Kartini Kelurahan Babat, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

Kata kunci: pembangunan, pasar babat, pedagang kaki lima.

Published
2016-07-15
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 77